Bila Golkar-PDIP Sepakat Berkoalisi

SEPERTI diduga, silaturahmi kebangsaan antara Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Medan menuai berbagai reaksi. Ada yang melihat peristiwa itu biasa-biasa saja. Tetapi ada juga yang mengatakan pertemuan yang membuka pintu bagi koalisi ‘merah kuning’ itu sebagai langkah yang menarik untuk dikaji.

Koalisi adalah praktik yang sangat lumrah dalam perpolitikan sebuah negara demokratis. Karena itu tidaklah menjadi aneh ketika dua atau lebih partai politik menyatakan berkoalisi untuk memerintah atau beroposisi.

Akan tetapi pertemuan Medan, antara dua partai besar yang sama-sama berplatform nasionalis-kebangsaan itu, juga memiliki keunikan yang menarik untuk diamati. Pertama, inilah pertemuan dua kekuatan politik yang berbeda kamar. Yang satu, Golkar, berada dalam kamar koalisi, sementara PDIP menghuni sendiri kamar oposisi. Kedua, kesepahaman sikap keduanya, paling tidak dalam sejumlah masalah di parlemen, akan memengaruhi jalannya pemerintahan sekarang.

Kemungkinan pertama, pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono akan semakin mudah mengegolkan kebijakan karena PDIP yang beroposisi bisa dijinakkan oleh Golkar yang bermitra. Kemungkinan kedua–ini yang paling dikhawatirkan–adalah peluang PDIP menjinakkan Golkar agar berpihak pada pikiran oposisi. Bila Golkar (126 kursi) dan PDIP (109 kursi) bersatu melawan kebijakan pemerintah, bisa dipastikan akan memenanginya. Karena hanya membutuhkan 16 suara tambahan untuk meraih mayoritas.

Akan tetapi publik, khususnya konstituen yang berpikiran dan bertabiat nasionalis-kebangsaan, melihat peluang koalisi Golkar-PDIP tidak sebatas pergeseran suara di parlemen saat ini. Koalisi keduanya–kalau itu terlaksana–adalah peneguhan kembali sejumlah sikap dasar kebangsaan dan kenegaraan yang dalam kenyataan dewasa ini mulai goyah.

Pancasila dan UUD 1945 adalah semangat yang menjiwai kehadiran Golkar dan PDIP. Di dalam Pancasila dan UUD 1945 tertuang keyakinan suci tentang persatuan dan kesatuan yang dibangun atas dasar pemuliaan terhadap fakta kebinekaan kita. Kebinekaan dalam suku, agama, ras, dan daerah. Inilah bendera ideologi kedua partai tersebut.

Fakta kebangsaan dan kenegaraan kita dewasa ini mulai memperlihatkan gejala pengingkaran atau penafsiran yang berbeda tentang kebinekaan. Ada bukti empiris yang menunjukkan kehadiran partai-partai politik yang hendak memaksakan uniformitas. Entah atas dasar agama, suku, ras, dan daerah. Fakta ini tidak sekadar ada, tetapi menggejala.

Dan itu adalah bagian dari dinamika kebangsaan yang merisaukan kebinekaan. Golkar dan PDIP harus tampil bersama membentengi kesucian kebinekaan yang mewataki bangsa dan kebangsaan serta negara dan kenegaraan Indonesia.

Karena itu, bila Golkar dan PDIP berkoalisi, inilah koalisi ideologis, bukan koalisi pragmatis. Koalisi yang mempertaruhkan seluruh eksistensi bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, tempat anak bangsa yang beraneka, memiliki hak dan kewajiban sama sebagai warga negara.

Di tengah euforia multipartai, jauh lebih berguna bila PDIP dan Golkar yang berwatak ideologis sama berkoalisi. Karena dengan demikian mereka membentengi nilai-nilai utama kehidupan berbangsa dan bernegara seperti yang diamanatkan dalam Pancasila dan UUD 1945.

Selain itu, dengan berkoalisi, sejumlah proses politik seperti pilkada di daerah akan lebih sederhana. Bila kedua partai ini menemukan mekanisme koalisi yang betul, manfaatnya jauh lebih besar ketimbang mudaratnya.

Media Indonesia, Jum’at, 22 Juni 2007

About these ads

0 Responses to “Bila Golkar-PDIP Sepakat Berkoalisi”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 694,868 hits
Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: