Tari Perang ‘Cakalele’ di Hadapan Presiden

SEBUAH atraksi liar menyusup ke acara resmi di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menghadiri peringatan ke-14 Hari Keluarga Nasional di Lapangan Merdeka, Ambon, kemarin. Sebanyak 25 pemuda Maluku membawakan tarian perang Cakalele dengan perlengkapan tari berupa golok dan tombak hingga 30 meter lurus di hadapan Presiden. Satu dari penari liar itu mengusung bendera Republik Maluku Selatan (RMS).

Semua itu terjadi dengan mulusnya, dengan lancarnya. Tak ada seorang pun yang mengantisipasinya. Oleh karena itu, peristiwa itu semestinya sangat mengejutkan petinggi Republik Indonesia yang berada di atas panggung mendampingi Presiden.

Peristiwa itu jelas menunjukkan betapa rapuhnya pengamanan Presiden. Kejadian itu juga memperlihatkan bahwa aparat keamanan telah kecolongan dengan cara yang paling gamblang penyamarannya, yaitu menyusup ke dalam acara resmi. Padahal, pergelaran tarian perang Cakalele itu tidak ada dalam daftar acara.

Tarian hanyalah sebuah simbol, hanyalah sebuah bentuk ekspresi. Yang perlu diwaspadai adalah pesan atau substansi yang hendak disampaikan yang diperkuat oleh fakta ada penari yang membawa bendera RMS. Sebuah message yang dapat dibaca sangat gamblang, yaitu pernyataan perang untuk mendirikan Republik Maluku Selatan.

Itu semua bukti bahwa gerakan separatis, gerakan hendak memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) belum seluruhnya tumpas, apalagi habis hingga ke akar-akarnya. Yang terjadi di Ambon kemarin bahkan dengan terang-terangan diperlihatkan di hadapan Presiden Republik Indonesia.

Adalah fakta bahwa bagi sebagian kalangan, NKRI belum final. Masih saja bersemi kehendak memisahkan diri. Sebuah pilihan yang semestinya tidak boleh diberi ruang, dan oleh karena itu harus dihadapi dengan tegas. Tidak membiarkannya seperti memelihara anak harimau, yang pada gilirannya akan menerkam induknya.

Setiap pemberontakan tentu memiliki alasannya sendiri, yang antara lain berpangkal pada ketidakadilan perlakuan pusat terhadap daerah. Oleh karena itu, menghabisi separatisme semata dengan operasi militer, sudah terbukti tidak menghasilkan penyelesaian yang tuntas. Harus juga ada penyelesaian yang berdimensi sosial-ekonomi-kultural, yang memperbaiki kehidupan lokal. Bahkan, sampai memberikan ruang bagi tumbuhnya politik lokal sebagaimana terjadi di Aceh. Harus ada perbaikan kehidupan di tingkat lokal sehingga mampu mengobati perlakukan pusat yang tidak adil di masa silam.

Langkah lain ialah mestinya otonomi daerah mampu menjawab masalah-masalah daerah dengan mengedepankan kearifan lokal dan sekaligus dapat memadamkan nafsu sentrifugal. Dalam perspektif ini, mestinya anggota Dewan Perwakilan Daerah tetap hidup dan mangkal di daerah pemilihannya, sehingga juga menjadi perekat dan dinamisator NKRI di tingkat konstituennya.

Semangat kebangsaan memang bukan perkara yang taken for granted, dan NKRI bukan pula sesuatu yang jatuh dari langit dan terbentuk dengan sendirinya. Bahkan, tantangan yang dihadapi semakin besar, karena berbagai paradoks menyertai perjalanan bangsa, seperti semakin hebat otonomi justru semakin potensial remuk redam sebagai bangsa. Dalam keprihatinan itulah tari Cakalele liar di hadapan Presiden harus lebih dalam dibaca dan diwaspadai.

Media Indonesia, Sabtu, 30 Juni 2007

33 Responses to “Tari Perang ‘Cakalele’ di Hadapan Presiden”


  1. 1 badboy Juli 4, 2007 pukul 10:51 am

    RMS=republik menjunjung setan, he he he, orang tua saya dulu turut membasmi RMS dengan mr somoukilnya, sehingga pasukan rms habis terkencing-kencing, dan sebagian lari ke induk semangnya yaitu si setan penjajah belanda. sekarang rms mau coba bangkit, jangan kasih kesempatan lagi. Ganyang lagi saja, NKRI adalah sudah final, habisi antek-antek penjajah yang mau menghancurkan NKRI jangan dikasih hati, ini hanya sebagian kecil saja dari rakyat maluku, dan mereka inilah kaki tangan negara asing yang masih ingin mengobok-obok negara kita. jangan takut…tegakkan martabat bangsa, habisi para agen-agen imperialis…..sikat bule2 item kriting itu sampai terkencing-kencing lagi.

  2. 2 MR.NUNUSAKU Juli 4, 2007 pukul 10:21 pm

    Kemerdekan adalah harga mati bagi RMS, biar berkalang tanah tak sudi dalam NKRI. Aceh saja gak sudih dalam kekuasaan NKRI karena NKRI itu untuk keuntungan penjajahaan terselubung RI Jawa mas…
    Kita RMS masih tetap berjuang seperti Papua dan Aceh karena kami gak sudih kekayaan ACEH, Papua dan maluku tetap dirampok untuk kepentingan NKRI Jawa…ini kenyataan mas…karena mereka ini adalah bangsa penjarahan dan memang ketrurunan maling karena dilahirkan untuk menjadi maling kekayaan sumber alam Aceh, Papua dan Maluku.

    Perjuang RMS bukan dengan senjata tetapi dengan memakai jalur diplomasi kedunia luar,…dua kali negar RI kebakaran jenggot oleh
    perjuangan RMS :

    1. Lolosnya DR.Alex Manuputty dari segala pintu Imigrasi Indonesia
    karena kita tahu mempergunahan kelemahan bangsa tempe ini dimana
    akhirnya Dr. Alex manuputty lolos ke Amerika demikian pun dengan
    Simon Sinay yang memimpin acara cakaleleh dilapangan merdeka dan
    membentangkan bendera RMS dihadapan presiden SBY dan menterinya
    jika saat itu mereka menompak presiden SBY tentu dengan mudah.

    2. Mereka lolos masuk lapangan merdeka 10 meter dihadapan SBY bendera
    RMS diperlihatkan itu berarti melecehkan bangsa RI adalah bangsa
    tempe penjajahan terselubung. Mengapa mereka bisa lolos…?

    Bangsa ini kita sudah mengenal segala kelemahannya disegalah
    bidang : ada wang urusan beres mas….inilah bangsaku.

  3. 3 Free Juli 10, 2007 pukul 5:01 pm

    REPUBLIK INDONESIA SEJAHTERA (RIS)
    REPUBLIK IBLIS (RI)

    itu kenyataan dulu indonesia masih baik waktu masih federal
    tetapi waktu ganti dengan ri akan jadi negara ditindas.

  4. 4 annots Juli 24, 2007 pukul 3:07 pm

    Mau ngomong apa aja, tetep aja kita makan dan minum dari hasil bumi Indonesia. NKRI harga MATI!!!

  5. 5 Ahmad.A Juli 26, 2007 pukul 7:46 pm

    Asalam alekum,

    Republik Indonesia Sejahterah (RIS) duluh
    tapi skarang menjadi Republik Iblis (RI)
    Indonesia keluar dari Pulau 1000 Maluku.
    Sama usir Mujahidin sama Jihad.
    Iya NKRI harga mati pasti karena itu orang
    lain (Papua,Maluku,Aceh) mau lepas NKRI.
    saya orang beragama islam
    tapi politik dan permerintah Indonesia tak Demokrasi tapi Demonazi.

  6. 6 Mr.Nunusaku Agustus 1, 2007 pukul 3:38 am

    Banyak yang tertipu oleh manupulasi sejarah dari bangsa penjajah RI jawa ini,kalau mereka katakan NKRI harga mati berarti mereka buta sejarah karena otaknya sudah dicuci oleh RI Jawa sperti kerbau ditusuk hidungnya DITARIK KESANA YA MAS, DITARIK KEKIRI YA MAS KARENA DALAM PEMBODOHAN OLEH RI JAWA tidak mengenal sejarah pencaplokan Soekarno terhadap Aceh, Papua dan Maluku. Kita lihat pejuang Aceh merdeka merekah saja gak sudi dikatakan NKRI sedangkan sama-sama muslim. Negara separatis itu adalah RI Jawa yang mencaplok daerah Aceh,Papua dan Maluku dan merampok sumber kekayaan daerah. Sebab bangsa RI Jawa ini suka membuat fitnah kita lihat apa yang terjadi sekarang SBY dan mantan DPR Zaenal yang telah membuat fitnah terhadap SBY gara-gara tergeser hilang kedudukan Zaenal mulai melakukan fitnah terhadap presiden SBY ini tepy elite RI Jawa dengan sifat karekternya demeikian dengan mantan Soeharto karena ingin kedudukan kekuasaan mulai lakukan fitnah dan pembunuhan sejarah kudeta Dewan jenderal buatan Soeharto inilah cara-cara yang licik dalam penipuan bangsa RI Jawa jadi kita harus banyak belajar tentang latar belakang penjajah RI jawa ini.

  7. 7 Mr.Nunusaku Agustus 4, 2007 pukul 5:24 pm

    Kalau dalam kekuasaan NKRI berarti tetap dalam kemiskinan,
    menderita dan tetap menderita dalam lingkaran setan NKRI bisa-bisa terbunuh dalam satu tujuan busuk seperti apa yang dilakukan oleh mantan Soeharto untuk tetap menguras sumber alam anak-anak daerah terbukti kita dapat melihat Aceh dalam memperjuangkan hak kekayaannya yang disabot oleh perampok NKRI yang berkedukan di RI Jakarta. Kalau sampai mereka teriak minta terlepas dari NKRI, berarti hidup mereka dijerat dengan kekuasa yang rakus, kalau kita berbicara mengenai hak-hak anak-anak daerah meraka terus katakan separtis mekar ingin merdeka, lalu intel segera dimasukan kedaerah dengan politik adu dombah. Tetapi kalu TNI dikirim ke Aceh, Papua dan Maluku lalu melakukan penjarahan dan perkosaan dan pembunuhan mereka semua diam tertidur pura-pura gak gak tahu nah elite RI penjajahan terselubung Jawa dengan segala permainan politik busuk kameber murahan dan selalu melakukan pembodohan terhadap sesama anak bangsa. 61 tahun dalam alam kemerdekaan NKRI apa hasilnya kita dapat dalam lingkaran setan NKRI INI..?

    Hanya penderitan diatas penderitaan pembodohan selalu dimainkan dipraktekan oleh pemimpin NKRI wong Jawa, kalau anak daerah teriak menuntut hak mereka paling-paling RI Jawa kirim meliter untuk membantai rakyat disana.
    Jadi permainan busuk NKRI Jawa dimana-mana selalu menjadi agenda “DAERAH MULAI TERIAK MERDEKA” WONG DAERAH KEKAYAAN KITA DIKURANG TERUS-TERUSAN OLEH PERAMPOK DARI RI JAWA.

    Apakah kita tetap mau bediam diri melihat ketidak adilan ini, dan penjarahan ini, semuat saja kalu diincak tentu dia akan melawan, apalagi kita manusia yang diperlakukan tidak adil dalam negara NKRI alias negara kriminal buatan Soekarno CS.

  8. 8 Mr.Nunusaku Januari 26, 2008 pukul 7:33 pm

    Sekali lagi saya katakan, kita harus berhati-hati tentang penipuan orang-orang Jakarta (Alias Jawa).

    Contoh Daerah Acheh, Papua, dan Maluku sangat kaya dengan sumber kekayaan alamnya, tetapi rakyat disana tetap miskin.

    Kita perhatikan di Jawa ada apa..?daerah miskin, tetapi
    Jakarta tetap kaya…karena: hasil penipuan elite wong Jowo terhadap dserah jajahannya, Freeport dijual ke USA keuntungannya untuk Jakarta Jawa, bukannya anak daerah gak mampu mengeloh kekayaan daerah…, tetapi tidak diberikan kesempatan dan kesempatan tidak mungkin dikuasai oleh anak daerah.

    Harus tetap berada dalam kekuasaan elite Wong Jowo…inilah yang dinamakan “PENJAJAHAN TERSELUNBUNG JAWA JAKARTA” TERHADAP KEKAYAAN ACHEH, PAPUA, KALIMANTAN DAN MALUKU.

    DAN bagaimanapun kepintaran anak daerah untuk membangun daerahnya…pasti mereka akan dirajuni dibunuh seperti Munir
    diracuni oleh elite wong Jowo. Ini budaya elite Jakarta Jawa
    dalam budaya mempertahankan kekuasaan dengan mengisap darah rakyat. Seperti haji Muhammad Soeharto 32 tahun dalam keuasaannya bersama GOLKAR, mereka tidak segan-segan membunuh bangsanya dan memang harus dikorban rakyat Jawa ini demi: “KEKUASAAN DAN HARTA” demi terjamin kehidupan keturunannya. Ini telah menjadi budaya bangsa Wong Jowo seperti cerita wayang Parayayuda ini keturunan wong Jowo
    mereka harus hidup dari hasil dara rakyatnya untuk kehidupan
    terjamin anak cucunya sampai dunia kiamatpun mereka tetap
    hidup dalam penipuan terhadap.

    Sekali saya berani katakan berhati-hati dengan elite wong wong Jowo, mereka tidak segan-segan menikam dari belakang demi sesuap nasi untuk satu tujuan…ini karekter wong Jowo.
    Banyak kenyataan disekeling kita tentang karekter wong Jowo
    kita tidak akan lari dari kenyataan ‘SIAPA MEREKA ITU…YANG MEMBUAT BANGSA INDONESIA SAMPAI SAAT INI DALAM PENDERITAN, KEMISKINAN, PEMBODOHAN DAN ADUDOMBA DUSTA BERANAK DUSTA SELALU DALAM PERMAINAN WONG JOWO.

    Wassalam

  9. 9 takabolu Mei 5, 2008 pukul 12:19 pm

    saluut Mr Nunusaku

    sayange kita orang tidak solid solid,
    bagaimana cara merdeka???

  10. 10 bustanus Mei 10, 2008 pukul 11:44 am

    Para pembeli buku SATRIO PANINGIT, BENCANA NUSANTARA, MANUNGGALINGKAWULOGUSTI dalam UNIVERSALITAS KEAGAMAAN

    Kepada Yth :
    Bapak Dedi S.Panigoro/ Holding PT MEDCO GROUP,Eksplorasi Minyak dan Metanol
    Jl Ampera Raya no.20, Gedung MEDCO
    Jakarta Selatan
    Jumlah pemebelian : 50 buku SATRIO PANINGIT, BENCANA NUSANTARA, MANUNGGALINGKAWULOGUSTI dalam UNIVERSALITAS KEAGAMAAN

    Kepada Yth :
    Bapak. Cardiyan HIS
    President & CEO SWI Group
    Jl. Balai Pustaka Timur no. 13,
    Rawamangun, Jakarta Timur
    Jumlah pemebelian : 5 buku SATRIO PANINGIT, BENCANA NUSANTARA, MANUNGGALINGKAWULOGUSTI dalam UNIVERSALITAS KEAGAMAAN

    Kepada Yth :
    Bpk Syarif Ubaidillah/Oebay/wartawamn Media Indonesia
    Jl Dewi Sartika no.18 Rt 01/RW 02,Gang Masjid Al Himmah
    ,Cipayung,Ciputat,Tangerang
    Jumlah pemebelian : 20 buku SATRIO PANINGIT, BENCANA NUSANTARA, MANUNGGALINGKAWULOGUSTI dalam UNIVERSALITAS KEAGAMAAN

    Kepada Yth :
    Bpk Anwar/PT. Indoglobal International(penjual alat security dan alat2 spionase intelijen )
    Komplek Taman Kebon Jeruk
    Blok AA IV No. 35
    Jakarta 11650
    Jumlah pemebelian : 5 buku SATRIO PANINGIT, BENCANA NUSANTARA, MANUNGGALINGKAWULOGUSTI dalam UNIVERSALITAS KEAGAMAAN

    Kepada Yth :
    Bpk Bpk Rizqi Andre/Dosen Tatanegara UPN Surabaya
    jalan penataran no.17 pacarkeling-surabaya-jawa timur.no.HP: +62081-793-300-09
    Jumlah pemebelian : 5 buku SATRIO PANINGIT, BENCANA NUSANTARA, MANUNGGALINGKAWULOGUSTI dalam UNIVERSALITAS KEAGAMAAN

    Promosi Buku :SATRIO PANINGIT, BENCANA NUSANTARA, MANUNGGALINGKAWULOGUSTI dalam UNIVERSALITAS KEAGAMAAN
    Kover Kover Belakang dan Depan Buku Pewayangan Kresna, Gatotkaca dan Kayon

    Tebal Buku: 110 halaman, Ukuran Buku : 15cm X 21 cm, Harga Buku : Rp 15.000,—
    Ringkasan Buku : Buku yang ada di hadapan Anda adalah sebuah Mozaik pertemuan tradisi – tradisi besar yang berkembang di Nusantara dan Dunia sebagai bentuk perwujudan dari Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa (berbeda –beda tetapi satu, tidak ada kebenaran yang mendua sebab Tuhan adalah Tunggal dan Transenden, tetapi termanifestasi ke berbagai bentuk ) serta kumpulan wisik ghoib yang diterima oleh sahabat-sahabat kita yang menekuni tasawuf tetapi dalam pencarianNya terhadap Tuhan yang transenden, mereka tetap concern dengan kondisi Sosial yang berkembang di Nusantara Indonesia. Dalam berbagai Kitab Suci disebutkan akan adanya suatu era Kemakmuran dan Keadilan yang datang menjelang akhir zaman, tanpa menyebut determinisme waktu hal itu akan terjadi. Tetapi cukup untuk memperingatkan kita bahwa ketika menghadapi kondisi sosial yang carut marut, semua insan mengharapkan adanya perubahan kondisi yang lebih baik dari saat ini. Sementara sumber daya Indonesia dijadikan ajang perebutan negara-negara lain, dan kita dibiarkan menjadi konsumen tanpa memiliki kemampuan mengolah dan mendapatkan nilai tambah. Buku ini akan memberi panduan dan jalan yang akan ditempuh untuk menggapai kondisi yang diinginkan tanpa mengesampingkan keberadaan elemen kebangsaan yang lain. Tetapi mengajak kita larut dalam dunia introspeksi dan kontemplasi untuk menjadi sumber inspirator bagi masyarakat Indonesia yang mampu membawa Indonesia menuju Mercu Suar Dunia. Sehingga meningkatkan rasa percaya diri dan nasionalisme kebangsaan di tengah pergolakan era globlalisasi yang di dominasi oleh materialisme dan kapitalisme global. Semoga dengan selesai ditulisnya buku ini per 3 Maret 2008, Buku ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh kalangan untuk menggugah semangat keadilan, kebangsaan dan mendapatkan pencerahan yang sejati. Juga diambil hikmahnya untuk membangkitkan semangat spiritual di setiap agama dan meningkatkan sumber daya manusia untuk mencapai Indonesia mercu suar dunia. Buku ini berisi wisik ghoib yang diterima oleh Winasis mengenai Satrio Paningit dan kondisi Nusantara saat ini serta penjelasannya, juga berisi anjuran sikap yang mesti dilakukan oleh setiap orang di saat Nusantara ditimpa bencana bertubi-tubi. Munculnya bencana di nusantara dan masalah-masalah Kebangsaan yang tak dapat teratasi merupakan tanda-tanda munculnya Satrio Paningi. Kajian Ilmiah dan Rasional Tentang Hadits Kemunculan Imam Mahdi (simbol Negara Timur) dan Isa (simbol Negara Barat ) Siapapun Orangnya yang mempelajari Hadits munculnya imam Mahdi akan berkesimpulan datangnya ditandai dengan perang Internasional- terjadi Krisis BBM atau rebutan ladang Minyak- kasus Iraq, Afganistan, Iran dan ketika tiap orang yang di timur dapat berhubungan dan melihat apa yang terjadi di barat dengan sekejap mata- munculnya teknologi telekomunikasi 3G yaitu Wideband-CDMA-komunikasi suara dan tampilan layar sekaligus. Dalam kitabnya Joyoboyo disebut: Satrio Paningit bakal jumedul ana antarane mandura wetan (pulau Madura) lan manduro kulon ( desa Matokan, Kabuh, Jombang) , merupakan wilayah Jawa Timur. Tasawuf ideal adalah tasawuf berdasarkan universalitas keagamaan yaitu berdasarkan ajaran para nabi yaitu 124.000 nabi yang tersebar di berbagai suku bangsa di dunia denan inti akhlakul karimah, membela yang tertindas dan menegakkan prinip keadilan. Perwujudan dari Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa (berbeda –beda tetapi satu, tidak ada kebenaran yang mendua sebab Tuhan adalah Tunggal dan Transenden, tetapi termanifestasi ke berbagai bentuk. Dalam kitab Sutasoma karangan mpu Tantular.
    Daftar isi :Bab 1: Nusantara Menuntut Keadilan – jilid 2,Bab 2: Nusantara Menuntut Keadilan – jilid 1, Bab 3: Bumi Nusantara Menanti Bocah Angon,Bab 4: GORO-GORO INDONESIA.,Bab 5: Sumatera, Raja Jayanegara dan Diplomat Adityawarman, Bab 6: Tahun 2012 Bumi akan dihancurkan kembali, Bab 7: Pandangan Perspektif Geopolitik: Nusantara dan Majapahit, Bab 8: Siapakah Imam Muhammad bin Hasan Al Askari, Bab 9: Satrio Paningit : Antara Bima, Semar dan Saudara Kembar Baladewa dan Kresna, Jawa Timur: Mandura Wetan dan Manduro Kulon, Bab 10: Kajian Tafsir Huruf Muqota’ah dan Mulla Shadra : Pandangan Siti Jenar dan Husain ibnu Mansur al-Hallaj dalam Manunggaling Kawulo Gusti, Bab 11 Sholat dan Manunggaling Kawulo lan Gusti MaknaTerdalam Huruf Ba – Saripati Fateha, Bab 12: Islam , Pewayangan Jawa dan Langit Lima sebagai Cerminan Kondisi Nusantara, Bab 13 : Makna Pluralisme Dibalik Surat al Waqiah dan Surat Yasin, Bab 14 : Tokoh Sufi dalam Universalitas Keagamaan Bab 15: Musik Dalam Islam ,Yunani dan Hindhu, Bab 16: Ajaran Nabi Muhammad tentang mencapai Kun/ Ismul Adzhom/ Dhunatamak/ Nama Tak Tertulis Tuhan/ Irama Ilahi, Bab 17: Tasbih Para Malaikat Langit dan Semar Punokawan, Bab 18: Dialog antara Semar dan Rsi Drona, Bab 19 Rokaat Terakhir : Kunci akhir Al Waqi’ah/ Goro-Goro , Puisi Para Pencinta, Kajian Kebangsaan dari Poros Poros Langit dan Intelektual, Sarasehan Budaya Kembali ke Jati Diri Bangsa: Belajar dari Dinasti Majapahit.,Tentang Gajah Mada dan Desa Matokan, Kabuh, Jombang . Lintang Kemukus telah muncul makanya sholat dan Doa Pejuang Keadilan dan Kejayaan dilakukan untuk antisipasi saat ini dan menjelang 2012, sekilas tentang Syek Subaqir atau Muhammad al Baqir, Wirid Harian untuk Hajat dan Rizqi dari Syekh Subaqir.

    Referensi Pustaka :

    1. Insan Kamil, Syeikh Abdul Karim al Jaili, Pustaka Hikmah Perdana, 2005
    2. Bhagavad Gita as It Is, Sri Srimad A.C Bahktivedanta Swami Prabhupada, Hanuman Sakti, 2000
    3. Tafsir Nurul Quran, Allamah Kamal Faqih, Al Huda, 2006
    4. Hakekat Sholat, Imam Khomeini, Misbah, 2000
    5. Makrifat Ibadah,Sayid Haydar Amuli,Serambi, 2008
    6. Ensiklopedi Wayang Purwa, Drs Suwandono, Ditjen Kebudayaan Departemen P & K,
    7. Ensiklopedi Tematis Spiritualitas Islam, Prof. Seyyed Hossein Nasr, Mizan, 2003
    8. Suluh Sant Mat, Maharaj Charan Singh,Yayasan Radha Soami Indonesia, 1996
    9. Tafsir Surat Yasin, Prof .Mohsin Qiraati, Cahaya, 2006
    10. Biografi Politik Ali Syari’ati, Prof.Ali Rahnema, Erlangga, 2000
    11. Ajaran dan Kehidupan Spiritual Ibnu ’Arabi, Stephen Hirtenstein, Murai Kencana, 2001
    12. Citra Bima, Drs. Woro Aryandini, Universitas Indonesia, 2000
    13. Kitab Negara Kertagama, Dr Bambang Pramudito, Gelombang Pasang, 2006
    14. Imam Mahdi, Proses Gerakan hingga Era Kebangkitan, Prof Ali al Kurani, Misbah, 2004
    15. website ,Sejarah Jambi
    16. Tafsir Sejarah Nagara Kretagama, Prof.Dr.Slamet Muljana, LKIS, 2006
    17. Acara lokakarya Shalat sebagai Mi’rajnya Orang-orang Beriman, 6 Oktober 2004, di Jakarta Islamic Center
    18. Husain bin Manshur al Hallaj, Prof. Louis Massignon, 2000, Serambi
    19. Manifestasi Ilahi, Mulla Shadra, Pustaka Hidayah, 2004
    20. Wisik-wisik Ghoib dari winasis Poros Langit dan Intelektual Independen yaitu kyai Turmudzi dkk
    21. Kitab Bait Joyoboyo, Raja Kediri,
    22. 14 Manusia Suci, Fatih Guven, 1996
    23. Majalah Cempala,Semar,1994
    24. Serat Siti Jenar, Tan Khoen Swie, Kediri,1922
    25. Website,Naqshabandi Haqqani, United state of America
    26. website, Atlantic Geology of Prof.Aryo Santos

    Untuk pembaca yang berminat mengikuti perkembangan Poros Langit dan Intelektual Independen atau memberikan saran pendapat dan komunikasi di dunia maya/ pemesan buku ini. Bisa menuliskan pendapatnya di website blog di internet dengan alamat dibawah ini:
    http:/poroslangit.blogdrive.com/archive/1.html
    Distributor Tunggal Buku :
    Info Pembelian Buku dapat dibeli di:
    Bustanus/Mimi Oktiva di Warnet Nusantara-Jayanegara, Jl. Jayanegara 11/17 Jombang-JawaTimur,
    Telp 0321 862137 atau sms/telpon di HP: 0818 08052575
    http:/poroslangit.blogdrive.com/archive/1.html

  11. 11 Ayruel chana Mei 14, 2008 pukul 12:13 pm

    mr nunusakau…….
    Gue orang minang..walau banyak pahlawan2 dari minang..mereka nggak pernah mitak imbalan..yang penting sekarang …adalah bagaimana kita mempertahankan kesatuan indonesia supaya tidak masuk faham2 luar untuk memecah kita.karena apa???kalau kita hanya berpecah belah seperti dulunya..adalah hal kecil untuk menjajah kita dengan memasukan faham2 luar untuk kita seperti faham yang anda sebarkan..sorry aja gue masich dendam ama tuch belandaa…kalau gue dapat cara untuk menjajah balik belanda dalam 350 tahun minimal akan gue lakukan.dengan bersatunya kita minimal orang luar ngeri juga untuk kembali menjajah kita.dengan tentar kita yang lumayan banyak lach daripada nggak sama sekali.loe mau kita maju bersama atau negri loe sendiri….silahkan cari cara yang positif asal tak memecah kita semua..kalaupun loe memecah loe sendiri yang akan kewalahan walau gue sedikit curiga kalau loe tuch bisa aja anteknya luar ,,bisa jadi kan???loe nggak liat apa…Timor laste sebentar lagi akan dijadikan landasan perang ama orang luar untuk membom nuklir semua daerah indonesia atau sebagai landasan pacu pesawat2 tempur untuk menembaki kita semua..loe mau jadikan maluku jadi landasan tempur juga ya??? atau pelabuhan angkatan laut untuk orang luar ya???
    Soory aja gue kritis ama loe..karena loe di berbagai blog selalu bertujuan memecah..lagian yang gue perbincangkan juga hal yang logika..apa salah???
    gitu aja dech…jangan terima lagi uang(sogokan)dari luar ya???

  12. 12 al-amin Juni 6, 2008 pukul 8:45 am

    MR.NUNUSAKU
    Juli 4, 2007 pukul 10:21 pm
    Kemerdekan adalah harga mati bagi RMS, biar berkalang tanah tak sudi dalam NKRI. Aceh saja gak sudih dalam kekuasaan NKRI karena NKRI itu untuk keuntungan penjajahaan terselubung RI Jawa mas…
    Kita RMS masih tetap berjuang seperti Papua dan Aceh karena kami gak sudih kekayaan ACEH, Papua dan maluku tetap dirampok untuk kepentingan NKRI Jawa…ini kenyataan mas…karena mereka ini adalah bangsa penjarahan dan memang ketrurunan maling karena dilahirkan untuk menjadi maling kekayaan sumber alam Aceh, Papua dan Maluku.

    Perjuang RMS bukan dengan senjata tetapi dengan memakai jalur diplomasi kedunia luar,…dua kali negar RI kebakaran jenggot oleh
    perjuangan RMS :

    1. Lolosnya DR.Alex Manuputty dari segala pintu Imigrasi Indonesia
    karena kita tahu mempergunahan kelemahan bangsa tempe ini dimana
    akhirnya Dr. Alex manuputty lolos ke Amerika demikian pun dengan
    Simon Sinay yang memimpin acara cakaleleh dilapangan merdeka dan
    membentangkan bendera RMS dihadapan presiden SBY dan menterinya
    jika saat itu mereka menompak presiden SBY tentu dengan mudah.

    2. Mereka lolos masuk lapangan merdeka 10 meter dihadapan SBY bendera
    RMS diperlihatkan itu berarti melecehkan bangsa RI adalah bangsa
    tempe penjajahan terselubung. Mengapa mereka bisa lolos…?

    Bangsa ini kita sudah mengenal segala kelemahannya disegalah
    bidang : ada wang urusan beres mas….inilah bangsaku.

    KOMENTAR
    INGAT BUNG MR.NUNUSAKU ANDA INI SEKARANG TINGGAL DAN HIDUP DI NEGARA INDONESIA, BUKAN DI NEGARA RMS, JADI SEHARUSNYA ANDA MENTAATI PERATURAN PEMERINTAH, DISURUH BUBAR YA BUBAR, BUKAN NEGARA YANG HARUS MENURUTI PERATURAN RMS.

    JIKA ANDA BERLAKU DEMIKIAN, SEBAIKNYA ANDA BIKIN NEGARA SENDIRI DI LUAR ANGKASA SANA, KALAU PERLU PERLU SILAHKAN ANDA BIKIN NEGARA SENDIRI DI NERAKA SANA. TOH TIDAK ADA YG KEBERATAN.

  13. 13 Si Komo Juni 17, 2008 pukul 12:40 pm

    @MR.NUNUSAKU
    Anda bilang NKRI adalah bangsa Tempe, silahkan saja saya tidak menyalahkan. Anda mau mendirikan negara baru di Maluku, silahkan saja, bangun se megah2nya, se-maju2nya.
    Kalau negara anda itu sudah berdiri, keyakinan saya adalah negara anda akan mengemis2 ke negara yang anda anggap “tempe”. Anda(RMS) akan ganti dijajah oleh negara2 yang saat ini anda anggap sekutu. Karena dimata mereka RMS adalah “alat keruk” / “pisau cukur” yang akan dibuang ke tempat sampah kalau sudah tumpul, sudah tidak ada gunanya lagi.

    Apa Anda sudah lihat sendiri yang terjadi di timor leste saat ini, yang dulunya ngotot untuk medeka dari NKRI???? saya melihat , mengalami sendiri apa yang terjadi disana —-”kacau”—- negara baru yang ibaratnya sebuah tumpeng yang diperebutkan antar penduduk pribumi vs pribumi vs australia vs portugal vs laen2… . Sampai2 pemimpin mereka sendiri (Xanana) meminta belas kasih, mengemis kepada indonesia supaya pintu perbatasan bisa dibuka, supaya ekonomi, supaya rakyatnya bisa hidup bisa makan!!!! negara macam apa itu?????
    Xanana sadar betul bahwa “makanan kaleng” sekutunya tidak mencukupi perut semua rakyatnya!!! rakyatnya bisa hidup karena “belas kasihan” NKRI!!

    Mana sekutu!, mana portugal! mana australia!……….niat mereka cuman mengeruk(kalau ada) kekayaan alam, membangun pangkalan militer, orang2 & pemerintah timor leste tak ubahnya “mainan baru” bagi mereka!! Coba nkri menutup perbatasan, menyatakan timor leste daerah terlarang bagi nkri…..alhasil MATI SUDAH!! negara timor leste
    Saya yakin dalam benak xanana, dia pun menyesali keputusan besarnya yang ternyata “SALAH”.

    Satu lagi tentang papua yang rakyatnya tidak menikmati apa-apa.
    Lihatlah pejabat2, pemimpin2 papua yang notabene orang “pribumi”. Mereka adalah jutawan2/miliader baru bung!! Uang negara yang dialokasikan untuk rakyat papua nyangkut di “PERUT MEREKA SEMUAAA”. rakyat papua tidak menikmati “remah-remahnya” pun!! mereka terlalu mudah untuk di “kibuli” pemimpin mereka sendiri!!! bagaimana kalau misal mereka “MERDEKA”????? Lha wong ga merdeka aja udah dijajah asing, dijajah pemimpin2 mereka sendiri!!! Yang saya khawatirkan, kalau papua merdeka dengan sumber daya manusia yang mayoritas masih “bodoh” (saya mengatakan mayoritas!!, tidak semua), PUNAH!! saudara2 kita orang papua dijajah bangsa lain!!!!!! anda mau terjadi itu pada anda??

    Tentang “jawa” yang sering mengeruk kekayaan alam daerah lain…memang ada benarnya juga, tapi itu bisa diselesaikan dengan merubah/me-redesign kebijakan orang2 “di-atas”, ayng selama ini memang banyak dikuasai manusia2 bejat dengan KKN nya. Tapi saya positif hal ini akan berangsur2 membaik dengan adanya “detektif koruptor independen” di nkri.

    buat orang2 RMS….SADARLAH bung sebelum terlambat, anda cuman alat / mainan baru negara2 yang anda anggap sahabat. Inget mereka tidak mau seterusnya membagi “MAKANAN KALENG” mereka. karena rakyat mereka juga butuh makan!!..Anda cuman menjadi biji yang mereka sirami dengan “Makanan Kaleng” sampai suburrr dan ketika sudah panen akan mereka bawa untuk rakyat mereka sendiri!!!! dan anda(RMS) …. akan ditinggalkan ketika sudah “mandul” atau memberikan hasil buat mereka!!!

    …dan…..Anda yakinnn…masih RMS??? setelah itu.

  14. 14 ayu paling cantik sejagad Agustus 1, 2008 pukul 8:13 pm

    MR.NUNUSAKU tuch org malingsia..liat dech tata bahasanya “wang” maksudny uang kali..n “acheh” tu kata ny srg dipakai org malingsia bwt nyebut ACEH..biasalah malingsia tkg bikin masalah

  15. 15 rya Agustus 3, 2008 pukul 12:21 am

    RYA_FINA BERBICARA:

    Mr nunusako dan semua yang membacanyanya..
    jadi begini..
    saya bertanya anda itu dari Warga negara mana..
    Jika BUKAN WNI..jadi anda tidak berhak mengomentari NKRI..
    Jika anda memang WNI..bebarti anda sangat bodoh!
    saya masih 22 tahun! pengalaman saya belum banyak !
    namun saya menghargai bangsa Indonesia, yang memberi saya tanah air buat saya bernafas!
    Saya orang jawa, leluhur saya juga pejuang saat kemerdekaan, ada juga yang dari luar jawa! tapi sama sekali mereka nggak mengharapkan imbalan!
    Namanya saja NKRI! kita harus bersatu satu kesatuan, bukan terpecah antara jawa, maluku, aceh dsb..
    kita katakan contohnya aceh dan kaltim kaya, ada juga daerah yang miskin, kita tidak mau menyebut namanya! jika daerah yang kaya itu membentuk negara sndiri! gimana nasib yang miskin!
    kita satu persatuan makanya kita bantu membantu!
    jika RMS ingin melepaskan diri, berarti siapa yang egois disini, siapa yang terlihat bodoh..apakah masih orang jawa..
    seharusnya anda bangga mempunyai orang2 jawa yang bisa memimpin negara! klo memang orang luar jawa mampu menjadi presiden..knapa nggak…
    Yang dipertanyakan sekarang?kenapa orang luar jawa jarang sekali mendapat posisi di dalam NKRI..ya karena itu..publik belum tau benar keunggulannya..makanya tunjukan! tentunya tidak dengan hanya berbicara seperti anda..

    Jika RMS merasa bisa bikin negara sendiri..bikin di luar NKRI..
    kan tidak semua penduduk di situ juga mau bergabung dengan anda..
    jadi intinya, malah nanti anda yang di tuduh menjajah NKRI!

    saya yakin anda nggak berpendidikan!itu kata yang tepat..!
    anda profokatori semua orang dan mungkin juga akan ikutan bodoh..!
    jika anda berani..muncullah tidak hanya di internet..sesekali on air gitu di TV..biar kita semua bisa melihat pahlawan masa kini!
    Jangan cuma menjadi orang terselubung..sekali lagi itu namanya bodoh!
    anda ingin menang dan merasa benar, juga pintaR!TAPI SAYANG ANAK KECILPUN PASTI AKAN MENGATAKAN ANDA BODOH..
    makanya, jangan makan dari makanan NKRI, sarana dan prasarana NKRI, belilah di luar negeri saja..gunakan semua peralatan yang anda beli dari luar negeri! biar anda pintar nggak seperti sekarang yang masih menggunakan barang2 dari orang2 NKRI apalagi Jawa.

  16. 16 rya Agustus 3, 2008 pukul 12:34 am

    jika anda tidak mencitai NKRI..jangan gunakan listrik juga dari PLN, Dari NKRI, yang di gunakan untuk menyalakan internet anda, dan anda gunakan untuk memprofokatori!
    jika anda pintar..
    mulai sekarang pakailah barang2 dan sarana prasarana sendiri dari product2 RMS..atau apapun itu…
    mungkin anda lebih pintar..
    dan NKRI pun akan mati gaya kok klo anda memang merasa bisa! klo cuma mulut aja yang berbicara, orang jawa pun bisa!
    lihatlah jawa, SDM lebih bagus di banding anda, pemerintahan ada di jawa! sarana paling lengkap di jawa! knapa jawa nggak pernah ingin merdeka sendiri! harusnya anda berkaca dari situ..
    saya hanya kasian..masih ada ya orang2 bodoh seperti anda..
    tolong sebutkan keuntungan2 dari orang2 jawa menjajah anda, trus kerugian anda apa?
    trus klo ada RMS,emang anda mau jadi presidennya?
    klo emang anda pinter! calonin diri aja jadi presiden Indonesia..lebih gede..lebih kaya..lebih dapet pengakuan..
    BODOH kok kelas kakap..
    muncul di depan petinggi maluku! muncul didepan petinggi NKRI..
    minta anda menggantikan mereka!
    paling juga nyali anda ciut…
    Kasian kamu..paling juga sekarang masih makan nasi dan air dri NKRI..hmm menjilat ludah sendiri..itu hal yang paling bodoh dari anjing sekalipun!

  17. 17 rya Agustus 3, 2008 pukul 12:46 am

    buat semuanya..jangan beles coment dari orang gila itu melulu!
    kosongin aja ! pasti dya bakal malu! nggk ada yang mendukung!
    kasian kasian..
    oia anda non muslim ya..bangga amat..saya itu punya satu agama, tapi saya pernah mempelajari semua agama..dan jika saya nanti pindah sekalipun nanti! agama kristen dan pengikut yesuslah yang nggak akan pernah saya jamah..
    anda tau, kitab anda tidak ada yang benar..
    jika Tuhan anda benar, ada satu, knapa harus ada Trinitas, kenapa berdoa harus lewat yesus, bunda maria, dsb..knapa nggak lewat Tuhan aja langsung..kan maha mengetahui…
    Trus salib itu…sebelum yesus di salib kalian itu menyembah dngan media apa..agama kok medianya ganti2..
    lihat dunk muslim..
    tetep sama dari dulu..ka’bah patokannya..
    buat orang muslim..jangan pernah terhina ya..
    jika anda itu bertuhan dan mengtakan anda tidak pernah melawn jika dijahatin! trus kenapa sekarang anda membela diri terselubung!
    SUMPAH DEH. KAMU ORANG TERBODOH YANG PERNAH KU TAU!

  18. 18 ManusiaBiasa September 20, 2008 pukul 9:45 am

    Saya baru 21 tahun tapi jika saya menanggapi nunusaku itu seperti menanggapi orang gila saja, sudah gila, bodoh, sok tau, yang paling parah tu dia hidup, orang yang g ber-otak sama sekali, seperti anak ayam yang hanya mengikuti induknya, sebenernya orang ini(nunusaku)bagi saya itu seperti anak tk yang mengaku ngaku punya otak, yg hanya bisa ber_andai-andai memetik buah yang diceritakan(dijanjikan) tanpa tau beracun/tidak, tanpa tau akar dari pohon buah itu, bagaimana bisa akar kecubung berbuah anggur?
    begitu bangganya dia dgn kebodohan-kebodohan itu, hanya tau huruf Z tanpa mmbaca A terlrbih dahulu.

    Kutipan kutipan comment yg bikin saya ketawa
    ” 1. Lolosnya DR.Alex Manuputty dari segala pintu Imigrasi Indonesia
    karena kita tahu mempergunahan kelemahan bangsa tempe ini dimana
    akhirnya Dr. Alex manuputty lolos ke Amerika demikian pun dengan
    Simon Sinay yang memimpin acara cakaleleh dilapangan merdeka dan
    membentangkan bendera RMS dihadapan presiden SBY dan menterinya
    jika saat itu mereka menompak presiden SBY tentu dengan mudah.”

    dengan bangganya dia mempersembahkan sebuah kajian kebodohan (maksud saya KEPENGECUTAN) petingginya, aneh, kok ada orang yang bangga dengan pengecut ya?

    ” 2. Mereka lolos masuk lapangan merdeka 10 meter dihadapan SBY bendera
    RMS diperlihatkan itu berarti melecehkan bangsa RI adalah bangsa
    tempe penjajahan terselubung. Mengapa mereka bisa lolos…? ”

    Bangga nya dia (nunusaku) dengan kebodohan itu, bayangkan jika NKRI mengumpamakan itu seperti ini [ saya seperti melihat badut dengan lelucon kain yang dia kibar2kan }
    badut (sekelompok badut), terus apa fungsinya menari cakelele dihadapan presiden? melucu? memberi hiburan? biar diangkat jadi badut di ancol/tmii? dibagian mana yang meletjehkan NKRI jika kelompok itu dianggap sebagai BADUT kurang perhatian saja?punya otak gak buat mikir?

    saya sebagai jong java(yang tetap mempertahankan NKRI tentunya) kalau mau & bisa knp orang yang menurut nunusaku hebat & mammpu menjadi pemimpin / presiden RI tidak mencalonkan diri saja? g harus jawa kan? kenapaaaa ada orang bodoh seperti anda, saya ini heran, orang bodoh ko teriak kebodohan orang lain, sama halnya maling teriak maling, anda itu dibodohi pemahaman pemahaman bodoh dari kebodohan kelompok anda….sadar….pengikut anda(RMS) itu apakah tau / benar2 mengerti tujuan anda(RMS)? anda itu membodohi pengikut-pengikut anda(RMS) sendiri bro… masih aja teriak orang jawa yg membodohi kelompok anda, sebenarnya saya kasian sama pengikut anda yg dengan bodohnya mengikuti kebodohan, kapan majunya? orang bodoh belajar dari orang bodoh….hancur sudah tuh otak…salahkan diri sendiri dulu baru menyalahkan orang lain, anda saja banyak kesalahan malah menyalahkan orang lain, ya anda malah akan lebih disalahkan lagi…punya otak gak buat mikir hal itu?(otak udang, g bakalan ngerti pstinya)

    pesan saya, seperti kata Mawlana Jalaludin Rumi ” idhtrib al-kalba wa ya’khud addaba al-fahdu “

  19. 19 ManusiaBiasa September 20, 2008 pukul 10:11 am

    1 ulasan oleh Mr.Nunusaku

    Kategori :News
    Asal : Melenesia
    Ulasan dibuat untuk: MP GAM Pulang ke Acheh
    Tarikh Ulasan dibuat: 03:16 pm [GMT] — 13, April 2006
    Ulasan:
    Saya telah membaca pernyataan J.H. PraiOPM dari Sweden, dan memang apa yang dinyatakan dalam tulisannya itu benar adanya. Perlu saya jelaskan bagi anggota top-top GAM yang saya sudah mengetahui yang mana rindu kembali ke Aceh, tetapi saya ingatkan bagi saudara yang akan kembali Aceh ? berarti pemerintah RI sudah sediakan peti mati bagi saudara. Saudara harus tau soal POLITIK RI JAWA, siapa yang dahulu menghina/atau mencoba memesahkan diri dari NKRI semasa dalam perjuangan untuk menentukan kemerdekaan Aceh jika dia pulang kembali ketempata kediamannya semula? resiko tinggi berarti tanah sudah menunggu sdr harus dikuburkan. Ini pengalaman saya sebagai pernah dalam kesatuan aparat RI karena edologi RI sudah ditanamkan barang siapa memalukan negara RI dimata dunia, HUKUMANNYA KEMATIAN AKAN MENUNGGU SDR DI RI. Sekali lagi saya katakan jangan percaya kepada Pemerintah RI Jawa, bahwa mereka itu manis dimulut tetapi dalam hati paling busuk dan suka akan darah orang Aceh dan Papua barat. Etikah politik dengan kenyataan saya berbicara, karena ini pengalaman saya dilapangan sewaktu dalam melaksanakan tugas dalam membelah RI. Pepatah yang saya dapat berikan bagi Sdr ? Jika saya mengadakan operasi didalam hutan, kebetulan saya bertemu orang Jawa dan juga ular berbisa ? mana yang terlebih harus saya bunuh ??? Tentu bagi saya harus saya bunuh terlebih bukan ularnya, karena saya tahu memang ular itu berbisa, tetapi yang biasa bisanya adalah manusia Jawa harus saya bunuh terlebih dahulu. Ini pengalaman saya sewaktu saya bersama mereka dalam kesatuan aparat negara RI. (Salam saya).

    ini saya copy dari
    http://krueng.org/?on=shProf&id=Mr.Nunusaku
    ternyata nunusaku itu orang dari negara ter-anjing yg prnah saya tau, negara paling munafik (menurut saya)

  20. 20 Orang timur September 23, 2008 pukul 8:17 pm

    Di abad pertengahan, daerah Maluku adalah pusat dunia. Pulau Rhun bahkan ditukar dengan New York (sebuah barter terbesar dalam sejarah). Kini pulau itu tak terurus. Terbengkalai.

    RMS yang ingin hidup di ketiak Belanda sengaja lupa bahwa Belanda melakukan pembunuhan masal di terhadap rakyat Maluku demi mempertahankan harga pala tetap tinggi di Eropa.

    Sekarang, pemerintah RI juga tidak begitu peduli dengan peninggalan sejarah di Maluku. Jika tak percaya silahkan berkunjung sendiri, saksikan rintihan sedih pulau-pulau di Banda yang terisolasi.

    Semua hanya berjuang untuk kepentingan perut masing-masing. Saya tidak percaya bahwa ada yang benar-benar berjuang untuk rakyat Maluku. Ketidakrukunan rakyat Maluku membawa keuntungan bagi kalangan koruptor penghisap darah dalam arti sebenar-benarnya.

  21. 21 Mr. Nunusaku Desember 16, 2008 pukul 6:44 pm

    Peristiwa Sejarah yang tak pernah dilupakan,

    THE KILLER GENERAL SOEHARTO WONG JOWO.
    ————————————-
    penjajah terselubung wong Jowo, orang Jawa itu licik bermuka dua. Untuk merebut kekuasaan melalui jalur pembunuhan pembantaian seperti apa
    yang dilakukan ‘THE KILLER GENERAL SOEHARTO’ pada rakyatnya sendiri wong Jowo yang telah membantai 7 Jenderal RI dilubang Buaya.

    Dengan permainan licik budaya Wong Jowo Soeharto melalui surat ‘SPERSEMAR’ mulai merebut kursi kekuasan untuk menjadi RI ke 2 setelah itu bung karno bunuh secara licik atas perintah diktaktor Soeharto kepada konco-koncong Soekarno dibunuh.

    Demi kekuasaan wong Jowo alias Soeharto dia tidak segan memakai jalur pembunuhan lawannya, ini adalah budaya wong Jowo. Setelah duduk dalam kekuasaan anak-anak cendana mulai melakukan penipuan dan perampokan wang negara untuk memperkaya keturunan cendana.

    Siapa yang berani melawan mereka saat itu, berarti hukum rimba karena bapaknya berkuasa dalam segala hal dapat membantai wong Jowo alias Wong Jowo bantai sesama wong Jowo, ini tradisi sejarah wong Jowo dalam melakukan penipuan dan pembodohan pada rakyat Indonesia.

    Berapa banyak rakyat Aceh yang dibantai oleh kekuasaan RI Jawa….?kita bisa ke Aceh dan bertaya apa yang RI Jawa buat bangsa Aceh…?

    Dan berapa banyak orang Papua dibantai oleh penjajahan yang tersebung wong Jowo sampai saat ini..? kita ke Papua dan bertaya pada mereka tentu jawaban lebih jelas.

    Mengapa kekayaan Papua dirampok sampai saat ini, dan orang Papua dalam keminskinan…?
    jawabannya…karena elite Wong Jowo membuat kerusurakan dimana-mana rakyat menjadi menderita dan miskin sampai detik ini.

  22. 22 rya Januari 6, 2009 pukul 5:20 pm

    hmm..nunusaku..sebenarnya umur and itu berapa si!..
    kalau anda pernah merasa melihat dengan mata kepala anda sendiri mengenai pembantaian, zaman suharto dllnya…anda hebat!tapi klo anda belum pernah mlihat dan hanya dengar dari omongan orang yang menyelewengkan sejarah! andalah orang terbodoh!..
    anda jangan asal bicara soal sejarah! kalau memang ada bukti dan anda benar! buktikan di depan umum..didepan bangsa Indonesia tentunya!..
    jadi..bukan anda yang bermental tempe!!

    ketahuilah..bangsa indonesia itu bangsa yang makmur,,kalau tidak ada orang2 seperti anda…
    seharusnya anda malu kalau anda mengatakan RI JAWA..
    apa iya sebegitu bodohkah kelompok anda sehingga tidak di anggep!
    kasian tau nggak…
    asal anda tau ya…
    bukan hanya di maluku, irianjaya, bahkan ujung sabang..
    di jawa pun masih banyak orang2 kelaparan…
    jadi bukan hanya anda…
    masih banyak orang jawa juga lebih buruk keadaanhya…
    jadi tidak selalu orang jawa itu enak!…
    justru dijawa, lebih didekatkan kepada suasana politik bangsa yang kadang bikin orang miskin juga makin pusing..

    jdi, kalau anda pintar..buat apa ber omong besar menjelekan bangsa yang memberi kita makan dan berteduh..
    setiap pulau pasti ada kekurangan dan kelebihannya! kalimantan timur yang kaya rayapun tidak sombong…
    marilah kita saling berbagi…gunakan kekuatan dan otak kita untuk bersatu memerangi yang miskin…tentunya yang miskin tidak hanya di maluku..
    itu jika anda pintar..
    nggak tau c klo anda dangkal…
    sifat syetan adalah menyebar dengki dan kebencian…itulah anda

  23. 23 Red rose Januari 30, 2009 pukul 6:14 pm

    Jgn terprovokasi wahai semua. Fakta nyata yg hrus kt percaya. Provokasi adl upaya radikal kiri, kanan, dan lainnya stlh upaya penggulingan frontal NKRI tdk berhasil.. Kalo g ngerti jgn ngomong. . Ok mr nunusaku. Kencing dulu yg bener. Hbstu mimik cucu bobok. Besok sekolah.

  24. 24 stifler Juni 22, 2009 pukul 5:36 pm

    rasis uy, rasis uy !!!

    parah loe. biar kata mau merdeka sendiri, mau jadi negara rasis yang bakalan dilawan diseluruh dunia? dah tau sekarang PBB lagi gencar2nya merangin rasis. yang bertindak bukan manusia, tapi Yang Diatas sono. gak inget tu di Aceh, GAM mau buat Aceh merdeka, tapi begitu kena tsunami…kemana GAM? kok malah diem ga ngbantuin?.lu mau RMS kejadian kayak gitu???

  25. 25 hadid Juli 28, 2009 pukul 1:44 am

    buat nunusaku, lebay lw.. kebanyakan belajar ya lw ?? jadi gila gitu hahaha

  26. 26 konyol Juli 31, 2009 pukul 1:39 am

    kasihan tu Nunusaku.manusia tidak ber OTAK…
    RMS (Rakyat Muka Syetan)
    salah satu setan yg gentayangan Nunusaku..(nunuk banyak kutu)
    Pengen gue kenal ma kamu,kita ketemuan aja yuk,sapa tau aku jadi tambah ilmu buat belajar tentang Nkri & Agama.
    Abis itu gue sembelih & gua kubur hidup2 Loe sama RMS mu..
    Buat tumbal dimaluku biar rakyatnya damai,terus RMS (Rakyat Muka Syetan)musnah karena loe & antek2nya udah gue bunuh & kubur hidup2.
    Kl loe berani sama wong jowo….
    Datang ketanah JAWA,silakan Ajak semua RMS mu…gembar gembor lah ditanah jawa secara Umum & pemberani.Pasti dipotong kepala loe & antek2 RMS mu dengan lembut…secara jawa…
    terus giliran kalian RMS yg masuk lubang WC,bukan lubang buaya kaya loe…
    DASAR PENGECUT….Pasti ibunya Nunusaku Perek,PELACUR,yang punya anak Haram…kaya loe…bapak kandungnya bisa jadi ANJING Bulukan…
    Salam Perangku Buat RMS.(Rakyat Muka SYETAN)

  27. 27 Nunusaku Juli 31, 2009 pukul 2:43 am

    Saya Nunusaku,mohon maaf yang sebesar2nya kepada seluruh umat Islam Diseluruh Dunia.
    Sebenarnya saya gembar gembor,menjelekkan Agama Islam Cuma pendapat sisi buruk & laknatnya saya.sungguh saya bersumpah,sebenarnya saya sangat mengagumi Islam,juga sangat meyakini kebenaran Agama Islam.
    Saya percaya seyakin2nya,Nabi Muhammad SAW,Adalah Manusia terbaik didunia,dan Agama Islam Adalah agama Yang saya yakini sampai saat ini.walau saya pake embel2 agama lain saat ini.
    Abaikan semua Perkataan buruk saya mengenai Agama Islam,karena saya yakin Islam Adalah Agama terbaik.
    Saya manusia yang bejad,laknat,semoga Allah SWT memberikan ampunannya pada Hamba.serta memberikan kekekalan Ayat2 Suci Al-Quran,serta Agama Islam Yang baik & kebenaran yang Hakiki.
    Hati Nurani Umat muslim,yang sebenarnya sangat meyakini Kebenaran ISLAM.
    Ini saya buat dengan sungguh2,bila suatu saat saya menyombongkan diri lagi & menghina Agama Islam jangan dipercaya & terkutuklah saya,karena kami yang menghina Agama Islam hanyalah Orang2 kafir yang iri atas kebesaran & kekuatan Agama ISLAM yang sangat kekal.
    Bila saya membuat tulisan/komentar lagi yang MENYANGKAL,tulisan komentar saya ini ABAIKAN itu hanya Provokasi Semata.
    Ingat saya hanya membuat suasana seru aja,biar banyak yang komentar.
    Tetapi Sejatinya Saya Sangat meyakini & mengagumi Agama ISLAM.
    ABAIKAN KOMENTAR SAYA YANG LAIN…
    ini yang sebenar2nya,dari hati nurani saya..
    Salam.

  28. 28 Mr.Nunusaku Januari 13, 2010 pukul 7:38 pm

    Islam berhati iblis yang di ajarkan oleh nabi palsu MUhammad yang berhati iblis, lihat QURAN ciptan iblis dengan ayat ayat kebencian pembunuhan, islam ciptakan Muhammad dan Quran membawa manusia menjadi teroris

  29. 29 damai Februari 17, 2010 pukul 4:12 pm

    Damai saudara2ku. Saudara Nunusaku harus diberikan masukan yang positif, jangan dikecam.

    Sudah ada contoh dari saudara2 yang lebih dahulu memberikan komentar di forum ini tentang rakyat Timor Leste yang menderita pasca referendum kemerdekaannya. Demikian juga contoh tentang petinggi2 GAM yang tidak menolong rakyat Aceh pada saat terjadi musibah Tsunami.

    Inti permasalahannya adalah ketidakseimbangan distribusi pendapatan, oleh karena itu kita harus mendesak pemerintah dan parlemen untuk meratakan hal tersebut. Sudah ada mekanisme pemilihan dan pendayagunaan anggota DPD yang mewakili seluruh provinsi yang ada di Indonesia untuk memperjuangkan daerah asalnya masing2 yang harus selalu kita awasi perkembangannya. Di sinilah putra daerah masing2 menyuarakan keluhan2 ataupun kritik dan sarannya untuk dapat ditindaklanjuti menjadi payung hukum dan realisasi pembangunan daerah2 yang merasa ditinggalkan.

    Mohon saudara Nunusaku dan saudara2 lainnya tidak membawa issue SARA dalam kasus ini. Ini murni hanya ketidakmerataan distribusi pendapatan (faktor ekonomi). Indonesia adalah negara yang mengakui keragaman agama2 dan suku2. Semua agama dan suku pasti menganggap agama dan suku nya tersebut lebih baik dari yang lainnya. Tapi jika hal ini terus dipupuk, maka apa jadinya dunia ini. Semua orang di dunia akan saling bunuh-membunuh karena masing2 merasa hebat dan tersinggung jika dikatakan agama dan suku mereka di bawah yang lainnya. Marilah kita kembali ke kebudayaan Nusantara (dari Sabang sampai Merauke) yaitu toleransi beragama dan beradat istiadat yang telah menjadi warisan budaya kita sejak lampau. Dan tentu saja rasa saling menghormati (respek) antara satu agama/suku dengan yang lainnya.

  30. 30 ichal INAWATAN April 30, 2010 pukul 10:57 pm

    betul Mas komo kami d papua hidup meradang karena dana otsus yg sekian banyak itu hilang entah kemana??? bayangkan minyak tanah aja sampe 30.000 perliter bagaimana dgn org yg tdk mampu???

    tapi kami rakyat papua sadar betul bahwa NKRI pasti akan melihat mendengar merasakan jerit tangis kami sebagian dari kami masih menjunjung tinggi NKRI harga mati kami tdk mau dibilang merdeka karena itu adalah pikiran yang boleh dibilang GILA

    memang tanah papua tanah yang kaya tapi itu bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab seandainya kalau merdeka biar kita bicara sebanyak mungkin tetap kami tetap pro terhadap NKRI negara yang kami cintai dan sayangi hidup terus indonesiaku jaya terus mari lihatlah kami orang papua dan tolong sayangi kami karena kita adalah saudara sebangsa setanah air indonesia raya

  31. 31 ichal INAWATAN April 30, 2010 pukul 11:05 pm

    TOLONG LIHAT KAMI KARENA KAMI GAMPANG TERGODA OLEH BUJUKAN DARI NEGARA LUAR PERJUANGKAN TERUS AGAR KAMI MASIH MENJADI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA JANGAN MELIHAT PAPUA DENGAN SEBELAH MATA KARENA RATA-RATA ORNG PAPUA ITU BISA BERBAHASA INDONESIA DENGAN FASIH YANG SELAMA INI KAMI PERJUANGKAN ADALAH KESEJAHTERAAN KAMI BANTU KAMI DUKUNG KAMI ORANG PAPUA YANG JUGA INGIN D SUKAI OLEH DAERAH LAIN HIDUP INDONESIA KAMI AKAN BERJUANG SAMPAI DARAH PENGHABISAN KAMI

  32. 33 Mr.Nunusaku Januari 20, 2012 pukul 4:29 pm

    Ada yang mengatakan Indonesia tanah yang makmur…..tetapi sayangnya masih ada wong Jowo hidup dilong jembatan dan sebagian jadi pengemis..?
    pertayaan dimana kemakmura ‘TANAH AIRKU INDONESIA…?

    ADA sebagian wong Jowo jadi pelacur di Ryad Arab dan sebahagia TKI Jadi budak di Arab Saudi dan Malaysia…..katanya Tanah airku makmur dan kaya….kok masih ada orang Jawa jadi p;engemis dimana-mana…?

    Dimanakah kemakmuran TANAH AIRKU INDONESIA….? HAYA DALAM
    MIMPI KEBODOHAN WONG JOWO MAS…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 691,726 hits
Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: