Gerakan Non Blok

Tajuk Rencana Pikiran Rakyat Selasa, 19 September 2006

Melihat begitu semangatnya para pemimpin negara-negara GNB mengecam AS, sesungguhnya secara substansial bukan lagi Gerakan Non Blok, melainkan gerakan mengeblok AS.

BERTEMUNYA 118 pemimpin negara-negara yang tergabung dalam Gerakan Non Blok (GNB) di Havana, Kuba, Jumat dan Sabtu (15-16/9), bagaikan memainkan sebuah musik orkestra. Suara mereka padu dan harmoni menyuarakan sistem politik dunia yang hegemonik dan menggunakan ekonomi sebagai kekuatan penekan. Maka, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) GNB ini pun berubah menjadi “pesta pora” mengecam Amerika Serikat.

Para pemimpin yang selama ini paling keras memberikan perlawanan kepada AS menjadi bintang, semakin keras mereka mengecam AS semakin bersinar pula bintangnya. Presiden Venezuela Hugo Chavez dapat dicatat sebagai bintang paling bersinar dalam KTT GNB kali ini. Layaknya bintang, tokoh yang sangat energik ini juga menjadi satu-satunya kepala negara yang menyampaikan pidatonya tanpa membaca teks sehingga menarik perhatian semua peserta KTT.

Chavez mendapatkan dua kali kesempatan menyampaikan pidatonya secara spontan. Pertama dalam acara pembukaan sidang yang dibuka Pelaksana Presiden Kuba Raul Castro, karena Presiden Fidel Castro sendiri masih sakit, kedua dilakukan selama 24 menit Sabtu, (16/9). Inti pidatonya, Chavez menyerukan bahwa KTT GNB di Kuba ini harus menjadi awal berubahnya peta kekuatan dunia. Caranya, para ilmuwan, ekonom, dan pakar di segala bidang harus bersatu membuat langkah mengatasi berbagai ketinggalan yang dialami negara-negara miskin.

Bintang kedua yang paling cemerlang dalam pertemuan negara-negara GNB adalah Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Kecemerlangannya dipantulkan dari keberaniannya menentang upaya-upaya AS dan Uni Eropa menghentikan pengembangan nuklir miliknya. Meskipun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sempat menyegel instalasi nuklirnya untuk melakukan penyelidikan, Ahmadinejad kembali membuka segel tersebut dan meneruskan projek nuklir tujuan damai tersebut.

Bagi Iran, mengembangkan nuklir untuk tujuan damai adalah hak setiap negara, termasuk Iran. Ahmadinejad justru balik mempersoalkan kepemilikan nuklir AS yang digunakan bukan untuk tujuan damai. AS bahkan memutarbalikkan Dewan Keamanan PBB demi kepentingan politiknya. “Mengapa rakyat di seluruh dunia harus terancam di bawah nuklir AS?” tandas Ahmadinejad.

Bintang ketiga adalah tuan rumah Presiden Fidel Castro sendiri. Ia adalah bintang tua paling tulen sebagai penentang AS. Karena sakit, ia hanya menerima Presiden Venezuela Hugo Chavez dan menerimanya bagaikan anaknya yang lama baru pulang. Kecemerlangan Fidel Castro dapat diwakilkan oleh adiknya Raul Castro yang tidak garang mengecam AS. Ia menyatakan, perang yang dikorbarkan AS justru membuat dunia semakin berbahaya. Apalagi Paman Sam membelanjakan satu triliun dolar AS setahun untuk senjata dan tentaranya.

Melihat begitu semangatnya para pemimpin negara-negara GNB mengecam AS, sesungguhnya secara substansial bukan lagi gerakan non blok, melainkan gerakan mengeblok AS. Tapi apa pun namanya, yang paling penting adalah substansinya bahwa ketidakadilan dunia yang semakin timpang dan hegemonik harus segera diakhiri.***

Iklan

3 Responses to “Gerakan Non Blok”


  1. 3 halim Februari 10, 2008 pukul 8:33 am

    Gerakan non blok sudah ketinggalan jaman sekarang ini,apalagi kalo hanya karena menghujatnya paling keras lalu dia dibintangkan. Yang paling penting saat ini adalah gimana caranya agar kita warga dunia bisa saling menghargai duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi. Jangan ada lagi negara2 didikte oleh negara lain dalam mengatur kehidupan negaranya masing. Jangan ada negara yang sok paling bener.
    Menjalin keharmonisan negara bertetangga jauh lebih penting.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 804,627 hits
September 2006
S S R K J S M
    Okt »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: