Reposisi GNB: Menentang Ketidakadilan

Tajuk Rencana Suara Merdeka Selasa, 19 September 2006

– Sikap tegas untuk mengoreksi hegemoni Amerika Serikat dalam tatanan politik dunia seperti luapan dari akumulasi kekecewaan masyarakat internasional. Warna itulah yang mendominasi Konferensi Gerakan Nonblok (GNB) di Havana, Kuba. Mulai dari keluhan mengenai bias perang melawan terorisme yang dilancarkan oleh AS bersama sekutunya, kondisi yang dihadapi rakyat Irak, campur tangan kedaulatan di banyak negara, hingga isu nuklir Iran. Para tokoh seperti Presiden Venezuela Hugo Chavez, Presiden Bolivia Evo Morales, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, serta Raul Castro yang mewakili kakaknya, Fidel Castro, mewakili barisan penentang ketidakadilan.

– Di sinilah kita menangkap relevansi GNB sekarang dalam positioning pasca-Perang Dingin, setelah runtuhnya Uni Soviet. Negara-negara di kutub netral pertarungan ideologi itu kini berada di barisan yang sama dalam menentang ketidakadilan tatanan politik dunia. Ketika Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) nyaris kehilangan gigi karena tindakan-tindakan Amerika yang tanpa mandat, siapa lagi yang harus berperan menjadi pembela negara-negara yang menjadi sasaran AS dan sekutunya? GNB jelas tidak dapat dikatakan kehilangan arah, jika berani dan konsisten mengambil posisi untuk meluruskan semua bentuk hegemoni negara adidaya tersebut. Justru di sini peran strategisnya.

– Para wakil dari 100 negara berkembang dalam pertemuan di Havana itu menilai, pendudukan AS di Irak dan invasi Israel ke Lebanon termasuk dalam praktik terorisme. Keluhan tentang standar ganda juga muncul, yakni bagaimana Amerika dan Israel bisa memutuskan siapa saja yang dimaksud sebagai teroris dunia, tetapi tidak menghukum aksi agresi yang mereka lakukan sendiri. Para wakil dalam GNB juga menolak keras penggunaan istilah “poros kejahatan” oleh negara tertentu untuk menjustifikasi serangan ke negara lain, dengan dalih memerangi terorisme. Disoroti pula, terorisme tidak akan berakhir, jika belum ada solusi yang mengakhiri konflik Palestina-Israel.

– Menarik sekali sikap Presiden Chavez di forum tersebut, “Saya tidak akan beranjak dari sini sebelum ada dukungan tetap bagi Iran”. Dia menggalang dukungan bagi pengembangan nuklir Iran, dengan tujuan kemaslahatan sosial, yang selama ini dituding oleh Washington sebagai proyek senjata pemusnah massal. Dukungan para pemimpin anti-AS, seperti Chavez, memang sudah dapat diperkirakan sebagai nuansa yang mewakili sikap negara-negara Amerika Latin. Sikap itu hakikatnya mewakili kehendak untuk mengoreksi total kebijakan-kebijakan intervensi Amerika, yang semuanya terkait dengan berbagai isu, mulai dari ideologi, energi nuklir, hingga politik minyak.

– Kalau pada masa silam GNB hadir dengan positioning di tengah dua blok kapitalis-komunis, peran tersebut harus bergeser seiring dengan tuntutan konstelasi tatanan politik dunia yang sangat timpang. Kegelisahan mengenai hegemoni Amerika dan sekutunya -terutama Israel di Timur Tengah- makin menjadi-jadi. Konflik Palestina-Israel, yang disebut-sebut menyuburkan terorisme sebagai bentuk perlawanan terhadap ketidakadilan, juga berada dalam kontrol kepentingan AS. Tetapi, sejauh mana kekuatan negara-negara GNB dalam memainkan peran yang tak hanya bersifat jargon menuju obsesi menata kembali keadilan hubungan global yang bermartabat?

– Perkara apakah Washington beriktikad untuk mengoreksi kebijakan-kebijakannya yang hanya menerbitkan penderitaan bagi rakyat negara lain, atau mengutamakan agenda-agenda politik-ekonominya, tentu bergantung pula kepada kebersamaan sikap negara di luar lingkaran mereka. Keterkaitan politik-ekonomi dan keamanan dalam konteks global di bawah sayap hegemoni Amerika sering menyebabkan ketidakkompakan, bahkan di kalangan negara Arab di Timur Tengah, yang menjadi target utama bagi pemenuhan cadangan minyak AS. Faktor lainnya, latar belakang ideologis juga tidak bisa dipungkiri merupakan bagian pemicu sikap AS terhadap negara-negara lain.

Iklan

0 Responses to “Reposisi GNB: Menentang Ketidakadilan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 793,152 hits
September 2006
S S R K J S M
    Okt »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: