Peringatan Bom Bali II

Suara Pembaruan, Senin, 02 Oktober 200

Peringatan tragedi Bom Bali II yang terjadi tahun lalu berlangsung penuh haru. Mereka yang selamat dan keluarga korban yang tewas dalam tragedi tersebut ikut hadir. Yang selamat memberikan kesaksian, berharap Bali segera bebas dari ancaman teroris dan roda industri bisa berputar lagi. Bom telah membuat Pulau Dewata itu tersungkur.

Sebelumnya, pada 12 Oktober 2002, Bali dibom dan hampir dua ratus orang tewas dan puluhan yang luka-luka. Bahkan ada yang cacat sampai sekarang. Bom Bali I itu tidak hanya menghancurkan dua kafe di Kuta, tetapi juga menghancurkan pariwisata di pulau itu. Para pelakunya, Amrozi Cs, sudah mendapat ganjaran hukuman mati dan kini sedang menunggu eksekusi mati di Nusa Kambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Ketika Bali sedang berupaya pulih dari luka teror yang mencabik industri pariwisatanya, terjadi lagi bom bunuh diri di Kuta dan Jimbaran yang kita kenal dengan nama Bom Bali II.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia memang telah menjadi sasaran teror. Sejumlah bom meledak pada waktu hampir bersamaan di beberapa kota saat malam Natal beberapa tahun lalu.

Jakarta beberapa kali diguncang bom seperti bom yang meledak di depan rumah kediaman Duta Besar Filipina, lalu di Hotel JW Marriott, depan Kedutaan Besar Australia, dan Bursa Efek Jakarta.

Disinyalir pelakunya adalah anak buah Dr Azahari dan Noordin M Top. Polisi telah menurunkan pasukan khusus untuk memburu kedua otak teroris tersebut dan membongkar jaringannya. Kerja keras mereka patut kita apresiasi. Para pelaku Bom Bali I dengan cepat bisa digulung.

Kemudian, jaringan mereka pun bisa dibekuk. Upaya pengungkapan siapa pelaku teror pun bisa dilakukan dengan cepat. Kerja yang luar biasa dari aparat itu adalah penangkapan pelaku Bom Bali I. Setelah itu, aparat kita berhasil mengungkap jaringan mereka.

Puncak dari semuanya itu adalah tewasnya Dr Azahari di Batu, Malang, beberapa waktu lalu lewat suatu penyergapan. Sayang, pasangan Dr Azahari, Noordin M Top lolos. Dalam beberapa kali upaya penangkapan, dia selalu lolos dan sampai sekarang belum dapat ditangkap.

Kita merasakan, setelah Dr Azahari dilumpuhkan dan Noordin M Top terus diburu, ancaman teror makin berkurang. Namun hal itu tidak boleh membuat masyarakat lengah. Masyarakat harus tetap aktif menjaga lingkungannya dan tidak boleh segan-segan menyampaikan informasi, bila terdapat hal-hal yang mencurigakan. Peran aktif masyarakat ini sangat penting.

Namun teror masih terus berlangsung di tempat tertentu di negara kita. Kita ambil Poso. Sepekan setelah Fabianus Tibo, Dominggus da Silva, dan Ma- rianus Riwu dieksekusi, Poso kembali diguncang bom.

Tiga bom meledak, meskipun tidak ada korban yang jatuh. Tibo Cs telah dituduh sebagai otak kerusuhan Poso yang telah mengorbankan banyak nyawa. Keadaan di Poso kini sedikit panas dan polisi mengirim tambahan pasukan untuk menjaga keamanan.

Kita menyadari, negara telah menderita banyak akibat banyak terjadi tindakan teror. Bom-bom yang meledak di Jakarta, Bali, Poso, dan beberapa tempat lain telah membuat dunia kecut dan menilai Indonesia sebagai negara yang tidak aman.

Maka, sejumlah negara yang selama ini menjadi tempat asal turis dan investasi melayangkan travel warning. Dampak dari ini sungguh dahsyat. Turis tidak mau lagi datang dan para investor mulai mengalihkan modalnya ke negara lain yang dinilai lebih aman.

Belum lagi tidak adanya kepastian investasi di dalam negeri akan membuat banyak investor hengkang. Kalau pun ada yang ingin masuk, biasanya mereka hanya berhenti pada komitmen. Begitu diminta untuk segera masuk, mereka pikir-pikir dulu.

Kita mengenang Bom Bali II adalah sebagai penegasan bahwa kita menolak segala tindakan teror!

Iklan

0 Responses to “Peringatan Bom Bali II”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 804,679 hits
Oktober 2006
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: