Akhirnya Utang IMF Lunas

Setelah menjadi belenggu selama hampir satu dekade, utang terhadap Dana Moneter Internasional (IMF) dilunasi. Pada Oktober ini, sisa utang sebesar 3,7 miliar dolar yang semestinya jatuh tempo 2010 nanti telah diselesaikan oleh Bank Indonesia.Pada awal tahun lalu, Gubernur Bank Indonesia memang sudah mengisyaratkan bahwa sisa utang 7,4 miliar dolar akan dilunasi tahun ini. Separuh sudah diselesaikan pada Juni lalu, dan separuh sisanya pada Oktober ini. Dengan pelunasan ini, menurut hitungan menteri keuangan, pemerintah akan menghemat 200 juta dolar atau sekitar Rp 1,8 triliun.

Pelunasan ini secara umum juga tidak mengganggu ekonomi nasional. Karena, sebetulnya utang IMF ini tidak bisa digunakan untuk apapun, lantaran sifatnya hanya sebagai tambahan cadangan devisa. Jadi ketika cadangan devisa aman, utang bisa dilepas. Cadangan devisa aman jika setara dengan 4,8 bulan impor atau sekitar 43 miliar dolar.

Kabar pelunasan ini tentu saja merupakan berita menggembirakan. Kita ingat ketika IMF datang memberikan utang, kita memang sedang krisis ekonomi akut. Ketika mereka datang, datang pula ahli-ahli ekonomi yang sebetulnya tidak tahu apa-apa tentang Indonesia, tetapi merasa tahu semuanya.

Mereka lantas memberikan kebijakan-kebijakan yang akhirnya justru makin merontokkan ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah likuidasi 16 bank yang akhirnya malah membuat masyarakat tidak lagi percaya pada perbankan dan melakukan rush (penarikan besar-besaran). Bank pun kolaps, sehingga harus direkapitalisasi sampai ratusan triliun.

Selain itu juga kebijakan yang mengarahkan kepada penjualan badan usaha milik negara (BUMN) yang strategis, seperti Indosat. Kebijakan mereka juga memukul petani dengan dibebaskannya beberapa tarif impor hasil pertanian. Belum lagi liberalisasi di perdagangan seperti bebasnya ritel asing masuk ke kota-kota kecil.

Kini terbukti bahwa beberapa BUMN sudah dikuasai asing. Kemudian seluruh bank swasta besar yang dulu diselamatkan pemerintah juga jatuh ke tangan asing, seperti BCA, Lippo, Danamon, Permata, Bank Niaga, dll. Perusahaan swasta besar juga sudah diambil asing seperti Indocement, perkebunan sawit di Kalimantan, dll.

Kondisi tersebut menjadi begitu menyedihkan. Selain telah menginjak-injak harga diri kita, kehadiran IMF juga hanya menjadikan ekonomi-bisnis kita dikuasai asing. Dalam posisi seperti sekarang, sudah sulit bagi kita untuk mengembalikan kondisi seperti semula. Semakin sulit bagi kita untuk lepas dari cengkeraman asing.

Tetapi, dengan pelunasan ini setidaknya kita sudah lepas dari belenggu IMF yang selama ini mengekang setiap gerak kebijakan ekonomi. Kini kita menjadi bebas untuk menjalankan perekonomian seperti yang kita maui. Tidak ada lagi kebijakan yang harus dikonsultasikan kepada IMF. Dunia pun percaya bahwa Indonesia sudah membaik.

Kita berharap ini merupakan awal dari kemandirian kita dalam menentukan arah perekonomian kita. Karena toh, seperti kata Menteri keuangan Sri Mulyani, IMF maupun lembaga keuangan dunia lain seperti Bank Dunia, bisanya hanya memberi khutbah, tetapi tidak ada langkah konkret yang benar-benar tepat untuk dilaksanakan di Indonesia.

Republika, Jumat, 06 Oktober 2006

Iklan

2 Responses to “Akhirnya Utang IMF Lunas”


  1. 1 Rawan Hiba Agustus 20, 2014 pukul 8:42 am

    Subhanallah walhamdulillah wallaillahaillah allhuakbar.
    Kalau dapat pemerintah berikutnya yang didukung oleh konglomerat bisa membebaskan utang swasta.


  1. 1 ORI buat ngutangin pemerintah « deedhoet Lacak balik pada Maret 13, 2007 pukul 1:24 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 792,910 hits
Oktober 2006
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: