Dunia dalam Ancaman

Uji coba senjata nuklir Korea Utara (Korut) terjadi Senin (9/10) lalu, namun ledakannya seolah terus mengguncang Bumi hingga hari ini. Dari uji coba di bawah tanah itu, todongan terhadap perdamaian menyeruak. Dunia dalam ancaman.

Korut sedang mengubah ekuilibrium dunia, mengguncang bandul kehidupan. Kita belum tahu, kesetimbangan baru macam apa yang akan tercapai kelak. Jangan-jangan, perlombaan senjata lagi seperti di waktu-waktu lalu. Mungkin diawali Korsel, atau Jepang, mungkin pula Taiwan. Lalu, aktif lagilah nuklir India, Pakistan, dan Timur Tengah. Israel yang diam-diam sudah punya senjata ini pun akan semakin agresif.

Di Asia Timur, dengan kecemasan terhadap kegilaan Kim Jong-il, Jepang jelas paling siap. Teknologi nuklir negeri ini paling maju. Para analis memperkirakan Jepang mampu menggeser aktivitas produksi energi nuklirnya menjadi senjata pembunuh massal dalam waktu beberapa pekan saja.

Dengan uji coba nuklir, Korut sebenarnya sedang melepaskan diri dari jepitan. Lelah atas tekanan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya sejak 2002, kecewa atas sikap Cina, sahabat lamanya, yang menyetujui sanksi atas uji coba rudalnya, negeri ini memakai cara radikal berupa uji coba ledakan nuklir. Dunia mungkin cemas, tapi Korut berhasil meningkatkan posisi tawar secara dramatis.

Bayangkan kalau hulu nuklir pada ledakan Senin lalu dipasang pada Taepodong, rudal Korut. Tak ada benua yang tak terjangkau karena daya jelajahnya mencapai ribuan kilometer. Kita sedikit tahu bahwa negara yang dikucilkan itu mampu membuat rudal berdaya jangkau hingga 10 ribu kilometer. Benua Australia, Amerika, Eropa, Afrika bisa kena.

Tapi, datang dari Korutkah ancaman itu? Tidak sepenuhnya. Uji coba nuklir Korut adalah bagian dari ketegangan baru dunia pasca-Perang Dingin. Negara itu sebenarnya sudah menutup program nuklirnya pada 1994, namun kembali memperkuat diri pada 2002 akibat provokasi AS. Pemicunya adalah pernyataan Presiden George W Bush bahwa Korut, bersama Iran dan Irak, adalah ”axis of evil” alias ”poros setan”.

Korut tumbuh dalam dukungan ekonomi Cina, negara raksasa yang bagi Washington merupakan ancaman baru. Memakai jubah peperangan terhadap terorisme, AS mengalang kekuatan di Asia dan Australia, yang ujung-ujungnya adalah persiapan menghadapi kekuatan Cina. Kita tahu pendekatan-pendekatan Bush di kawasan ini acap berbau penangkalan terhadap Cina–misalnya dalam kebijakan serangan pre-emptive Australia, deputi AS di kawasan ini, yang akhirnya juga merugikan Indonesia.

Kini, dengan uji coba nuklir Senin lalu, situasi menjadi semakin rumit. Cina sebagai pendukung Korut dalam posisi gamang. Cina jelas membutuhkan Korut sebagai penyangga menghadapi Amerika Serikat di semenanjung itu, Jepang, dan Taiwan. Tapi, Cina pun cemas dengan gaya Kim Jong-il.

Menghukum Korea Utara? Cina tak terbukti mampu atau tulus. Ini tampak pada sikap saat Korut menguji rudalnya. Cina sama sekali tak mengurangi bantuan ekonominya. Satu alasan memang kekhawatiran akan gelombang pengungsi jika ekonomi Korut kolaps. Tapi alasan lainnya adalah geopolitik.

Kita bukanlah bagian luar dari situasi yang mencemaskan ini. Indonesia berada di dalamnya dan semestinya proaktif. Kita pernah menawarkan diri untuk menjadi penengah dan tawaran itu tak pernah kita cabut. Kita tak bisa sekadar menonton para gajah bertarung dan membiarkan para pelanduk terjepit di tengah-tengah.

Republika, Rabu, 11 Oktober 2006

0 Responses to “Dunia dalam Ancaman”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 780,023 hits
Oktober 2006
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: