Bahaya Sanksi bagi Korut

Harga yang harus dibayar Korea Utara atas percobaan nuklir awal pekan ini tidaklah kecil. Sanksi berat tampaknya akan segera dijatuhkan Dewan Keamanan PBB. Upaya menjatuhkan sanksi kepada Korut sedang digalang Amerika Serikat dan Jepang melalui DK PBB. DK PBB sendiri sudah mengingatkan Korut tentang bahaya sanksi, dua hari sebelum negara itu melakukan uji coba senjata nuklir tanggal 9 Oktober lalu.

Belum dirumuskan bentuk sanksi, tetapi sudah terbayang embargo ekonomi dan militer. Bahkan AS tidak mengesampingkan kemungkinan penggunaan kekuatan militer.

Posisi Korut sendiri sudah terjepit oleh kecaman, tekanan, dan kegusaran masyarakat internasional atas percobaan senjata nuklirnya. Tantangan akan semakin berat jika sanksi ekonomi dijatuhkan.

Tanpa sanksi ekonomi yang keras saja, Korut sudah sangat menderita. Jutaan rakyatnya terancam mati kelaparan. Ironisnya, Pemerintah Pyongyang lebih berkonsentrasi pada upaya pengembangan senjata nuklir yang menguras banyak dana dan perhatian.

Sudah terbayang, masyarakat Korut akan semakin menderita jika sanksi ekonomi dijatuhkan. Jika demikian, makna sanksi pun menjadi hambar dan dipertanyakan dari aspek kemanusiaan.

Apalagi penguasa Korut dipastikan tidak merasakan dampak atas sanksi itu. Selama ini para pemimpin dan elite Korut tetap berjaya di atas kondisi penderitaan mayoritas 23 juta rakyatnya.

Hampir pasti pula, sanksi belum tentu mampu menghentikan program senjata nuklir Korut. Lebih-lebih karena Pemerintah Korut yang merasa dikucilkan ingin menarik perhatian dengan program senjata nuklir.

Upaya menarik perhatian itu berbahaya karena terkait dengan senjata pemusnah massal yang mengandung risiko besar. Seluruh dunia telah terperangkap oleh isu nuklir Korut. Warga Asia dan global benar-benar cemas dan tertekan oleh ancaman bahaya kemanusiaan yang bersumber pada program nuklir Korut.

Sebelum menjadi runyam, sangat diperlukan upaya untuk melepaskan dunia dari mimpi buruk tentang bahaya senjata nuklir Korut. Sebenarnya juga telah lama muncul desakan bagaimana dunia dibebaskan secara total dari senjata nuklir.

Impian itu tidaklah gampang diwujudkan seperti dalam kasus Korut yang menantang opini dunia. Kesulitan serupa juga terdapat dalam menghadapi pemilik senjata nuklir lainnya seperti AS, Rusia, Inggris, Perancis, China, Israel, Pakistan, dan India, yang tetap enggan menghancurkan semua senjata pemusnah massalnya.

Kompas, Kamis, 12 Oktober 2006

Iklan

0 Responses to “Bahaya Sanksi bagi Korut”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 792,874 hits
Oktober 2006
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: