Bertambahnya Lingkaran Dalam Presiden

Lingkaran dalam Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertambah. Ini menyusul dibentuknya Unit Kerja Presiden untuk Pengelolaan Program dan Reformasi (UKP3R). Unit kerja ini diatur lewat Keputusan Presiden Nomor 17/2006 tanggal 29 September 2006.

Mantan jaksa agung di era pemerintahan Abdurrahman Wahid, Marsilam Simanjuntak, ditunjuk memimpin UKP3R. Dia dibantu dua deputi yakni Letjen (Purn) Agus Widjojo, mantan Kaster TNI; serta Edwin Gerungan, mantan kepala BPPN.

Kita sebut lingkaran dalam karena memang menjadi bagian dari lingkungan Kantor Presiden. Seperti dikatakan oleh Juru Bicara Presiden, Andi Mallarangeng, unit ini bertugas membantu Presiden dalam melaksanakan pemantauan, pengendalian, pelancaran, dan percepatan atas pelaksanaan program dan reformasi.

Sebelumnya, Presiden SBY telah memiliki tujuh staf khusus yang menangani berbagai bidang yakni Andi Mallarangeng, Dino Patti Djalal, Heru Lelono, Irvan Edison, Sardan Marbun, Yenny Wahid, dan Brigjen Kurdi Mustafa. Presiden juga memiliki penasihat khusus yakni mantan menlu Ali Alatas, Ketua Umum Partai Indonesia Baru Sjahrir, mantan menpan TB Silalahi, dan Ketua Umum Partai Pelopor Rachmawati Soekarnoputri.

Kita paham bahwa Presiden memiliki hak untuk membentuk dan menunjuk langsung staf khusus yang berada di lingkaran dalamnya. Siapa pun pemimpin tentu memerlukan staf di luar menteri kabinet untuk membantu menjalankan roda kepemimpinannya. Maka kehadiran UKP3R pun kita anggap sebagai sesuatu yang lumrah dalam rangka mempercepat program kerja Presiden.

Syukur-syukur sasaran yang akan dicapai bisa terpenuhi dengan maksimal. Persoalaannya apakah tugas dari UKP3R itu tidak mubazir bila mengingat tugas yang diberikan sebetulnya sama dengan tugas menteri-menteri di kabinet. Sebagaimana kita ketahui dari Jubir Presiden, UKP3R memiliki lima tugas utama yaitu perbaikan iklim investasi, perbaikan administrasi pemerintahan, peningkatan usaha kecil dan menengah, peningkatan kinerja BUMN, dan perbaikan penegakan hukum. Nah, untuk kelima tugas tersebut bukankah sudah ada menteri-menteri yang menanganinya.

Bila melihat Pasal 14 Keppres tersebut bahwa Kepala UKP3R mendapat fasilitas setara menteri berupa hak keuangan dan fasilitas lain, maka Kepala UKP3R layaknya seorang menteri koordinator. Itu bila memperhatiakan tugas-tugas yang diembannya. Namun, di sisi lain UKP3R tak memiliki kewenangan esksekutif. Tugasnya murni perangkat Presiden dan bekerja di lingkungan Kantor Presiden.

Dari tugas-tugas yang diberikan kepada UKP3R tersebut tampak Presiden belum puas dengan kinerja para menterinya. Namun, Presiden juga tak mau tergesa-gesa dengan segera merombak kabinet seperti yang disuarakan oleh sejumlah kalangan partai politik. Akhirnya UKP3R sebagai jalan keluarnya.

Susunan organisasi UKP3R yang terdiri dari kepala, deputi, sekretaris, biro umum dan administrasi, asisten, serta staf ahli juga akan menjadi masalah baru. Dengan susunan organisasi seperti itu, bisa dipastikan UKP3R akan menjadi staf khusus Presiden yang memiliki “badan gemuk”. Apakah hanya untuk fungsi pemantauan dan pengendalian program perlu organisasi yang gemuk seperti itu?

Bukan malah sebaliknya, akan menjadi tidak efektif dan efisien fungsi pengawasan tersebut. Padahal yang diperlukan sekarang adalah bagaimana bisa melakukan eksekusi terhadap reformasi birokrasi yang dianggap menjadi biang tersendatnya program reformasi secara keseluruhan. Semoga saja UKP3R tidak sekadar menambah lingkaran dalam Presiden demi menyerap berbagai unsur di luar. Tapi, memang dibentuk sebagai upaya percepatan program reformasi yang tersendat.

Republika, Sabtu, 28 Oktober 2006

Iklan

0 Responses to “Bertambahnya Lingkaran Dalam Presiden”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 792,910 hits
Oktober 2006
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: