Jangan Berharap AS Serta-merta Berubah

– Kubu Demokrat memang memenangkan pemilihan umum sela dengan mengalahkan Partai Republik. Namun jangan berharap terlalu tinggi Amerika Serikat akan serta-merta mengubah kebijakan luar negerinya. Dengan menguasai Kongres baik di Senat maupun House of Representative (DPR), kemenangan itu telah menebar harapan kepada dunia, negara adidaya itu akan mengubah kebijakannya mengenai Irak. Apalagi salah satu aktor utama invasi dan pendudukan Irak, Donald H Rumsfeld dua hari lalu mengundurkan diri sebagai Menteri Pertahanan digantikan mantan Direktur CIA Robert Gates. Mungkin yang bakal berubah hanya soal gaya.

– Pemilu kali ini menjadi semacam referendum mengenai Irak. Suara pemilih yang menentang perang Irak, bagaimanapun menjadi warna dominan. Boleh jadi pertimbangan utama para penentang George Walker Bush adalah ketidaksetujuan terhadap intervensi kedaulatan negara lain dan hak asasi manusia (HAM) terkait dengan jatuhnya banyak korban sipil. Para penentang itu, secara internal juga melihat peningkatan ancaman terhadap Amerika dan warganya akibat kebijakan hawkish pemerintahan orang-orang Republik dalam pola unilateral perang melawan terorisme. Ada pula sejumlah alasan lain, tetapi determinan yang utama tetaplah isu perang Irak.

– Akan adakah koreksi total bagi kebijakan luar negeri yang hegemonik itu? Dengan kekalahan Republik, dalam sisa dua tahun pemerintahannya, Bush diperkirakan akan terpojok walaupun tetap berposisi kuat karena presiden punya kewenangan penuh dalam kebijakan luar negeri, di samping sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata. Dengan perolehan kursi Senat hanya selisih tipis 51-49, masih ada keterbatasan Demokrat dalam mengontrol isu-isu kebijakan luar negeri dan pertahanan. Sebab mereka belum meraih mayoritas dua pertiga yang dibutuhkan untuk memveto kebijakan Presiden atau memberlakukan undang-undang.

– Politik luar negeri AS tidak dapat sepenuhnya diukur dari siapa yang menang: apakah Demokrat atau Republik dalam percaturan DPR dan Senat. Sikap hegemonik sebagai “polisi dunia” merupakan kultur yang terus dijadikan kebanggaan untuk mengontrol dunia, termasuk “mengatur” negara lain. Serangan ke Afghanistan dan Irak hanya bentuk lain di antara sikap-sikap yang sebenarnya sama. Hanya memang terhadap kedua negara itu Amerika menunjukkan kebrutalan luar biasa. Standar ganda yang diterapkan terhadap isu-isu Palestina – Israel sangat jelas menunjukkan di mana dan bagaimana Amerika memosisikan diri.

– Kita merasakan keberadaan akar masalah ideologis yang melatari kebijakan luar negeri Amerika, sehingga Washington tidak pernah bisa bersikap netral sepanjang itu menyangkut negara-negara yang berhadapan dengan Israel. AS menuntut pemahaman universal terhadap isu HAM dan demokrasi, tetapi tidak pernah mau mengakui produk demokrasi, manakala tidak sesuai dengan mindset mereka. Kemenangan kelompok Hamas dalam pemilu Palestina, misalnya, atau keterpilihan Mahmoud Ahmadinejad sebagai Presiden Iran. Selalu dikemukakan alasan untuk membentuk opini tentang keterancaman dunia dan Amerika yang harus “menyelamatkan”.

– Gaya kebijakan luar negeri Washington – diakui atau tidak – mendeterminasi terorisme internasional. Sudah banyak yang mengingatkan, termasuk rakyat Amerika, selama mereka masih bersikap tidak adil dalam isu Palestina, perlawanan akan terus terjadi dengan berbagai bentuk. Pemaksaan hegemoni dan intervensi juga terbukti “dilawan” dengan produk pemimpin-pemimpin dalam barisan anti-Amerika seperti Hugo Chavez (Venezuela), Evo Morales (Bolivia), atau Daniel Ortega (Nikaragua). Intervensi politik-ekonomi secara hegemonik atas nama demokrasi, malah membangkitkan perlawanan dan sentimen ideologis.

Suara Merdeka, Sabtu, 11 Nopember 2006

1 Response to “Jangan Berharap AS Serta-merta Berubah”


  1. 1 Mz fer November 15, 2006 pukul 1:33 am

    kita tidak bisa “menyetir” arah kebijakan AS. namun yang kita harapkan adalah adanya perubahan politik Luar Negri mereka, agar tidak banyak mencampuri urusan dalam negri orang, apalagi dengan dalih memerangi Terorisme. Semoga……


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 780,023 hits
November 2006
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: