Menjaga Keharmonisan SBY-JK

– Polemik di sekitar pembentukan Unit Kerja Presiden untuk Pengelolaan Program Reformasi (UKP3R), diharapkan berakhir setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Kamis lalu menegaskan kembali tentang keberadaan lembaga itu. Dia mengatakan, mekanisme kerja yang sedang disusun, dijamin tidak akan berbenturan dengan menteri koordinator dan menteri-menteri yang memimpin departemen. Demikian juga posisi wakil presiden bukan excluded melainkan included. Dengan demikian, tidak perlu ada lagi penafsiran berlebihan serta upaya politisasi terhadap langkah SBY tersebut. Belakangan, Partai Golkar pun sudah meluruskan sikap kontranya selama ini.

– Ada hal yang jauh lebih penting ketimbang membicarakan soal UKP3R yang jelas-jelas menjadi kewenangan Presiden. Yakni bagaimana menjaga keharmonisan Presiden dengan Wakil Presiden. Pembentukan lembaga baru yang dipimpin Marsilam Simanjutak itu memicu ketegangan baru antarkeduanya. Sebab SBY tak berkonsultasi dengan Jusuf Kalla yang kemudian membuat Partai Golkar merasa tertampar. 16 DPD mendesak agar partai mencabut dukungan terhadap SBY dan hal itu pasti akan mencuat pada rapimnas partai berlambang beringin tersebut minggu depan. Tak bisa disangkal, itulah yang memicu kerenggangan.

– Syukur ketegangan tak sampai memuncak. Apalagi SBY akan diundang dalam forum yang akan membahas masalah-masalah strategis Partai Golkar. Memang hal itu bukan jaminan akan berjalan seterusnya untuk tidak mengatakan bisa saja keharmonisan hanya ada di permukaan. Namun hendaknya, kita berpikir positif bahwa pada akhirnya semua pihak, termasuk Partai Golkar, menyadari pentingnya menjaga sesuatu yang lebih besar yakni kepentingan bangsa dan negara. Bagaimanapun, duet SBY-JK harus dipertahankan sampai tahun 2009. Efektivitas pemerintahan perlu didorong untuk kemajuan kita bersama dan itu tidak mungkin tanpa kekompakan keduanya.

– Memang sulit mengharapkan politik adem ayem tanpa dinamika ataupun gejolak. Bagaimanapun, baik SBY maupun JK, sama-sama berpeluang maju dalam pemilihan presiden tahun 2009. Khususnya Partai Golkar sebagai partai terbesar, sudah tampak siap dan berancang-ancang menghadapi agenda lima tahunan tersebut. Karena itu, sedikit banyak, suka atau tidak suka, gesekan-gesekan akan selalu ada. Itu tak bisa dipungkiri dan sulit untuk dihindari. Meski demikian, kita mengharapkan agar dinamika yang akan muncul dan makin bereskalasi, sama sekali tak akan mengganggu hubungan dan komunikasi politik antara Presiden dan Wakil Presiden.

– Keduanya perlu sama-sama berposisi atau melakukan segala sesuatunya secara elegan. Haruslah dipisahkan kapan dan di mana berperan sebagai presiden atau wakil presiden serta kapan dan di mana sebagai petinggi partai. Keberhasilan semua itu akan menentukan persepsi yang ada di masyarakat dan itulah modal penting ketika kelak bertarung dalam pemilihan presiden. Rakyat tidak suka apabila ternyata mereka melanggar komitmen. Apabila mereka ternyata lebih memikirkan kepentingan sempit, individu ataupun partainya ketimbang kepentingan nasional. Justru di sinilah prinsip dan sikap kenegarawanan sedang diuji.

– Keberhasilan pemerintahan sekarang yang bisa diukur dengan kinerja di banyak hal, akan sangat menentukan popularitas ataupun tingkat kepercayaan publik terhadap presiden dan wakil presiden. Keduanya sama-sama bertanggung jawab, meski dalam kenyataan, rakyat juga bisa menilai mana di antara keduanya yang lebih baik. Namun jangan harap bisa memperoleh poin dengan menghambat jalannya pemerintahan. Kalau yang sekarang berhasil, akan dinilai sebagai keberhasilan keduanya. Sebaliknya juga kalau nanti gagal. Karena itu, demi citra ke depan, SBY-JK sama-sama perlu menjaga jarak dengan upaya politisasi jangka pendek.

Suara Merdeka, Sabtu, 11 Nopember 2006

Iklan

0 Responses to “Menjaga Keharmonisan SBY-JK”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 792,874 hits
November 2006
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: