Golkar dan Pemerintah

RAPIMNAS Partai Golkar yang sedang berlangsung di Jakarta kali ini memiliki arti penting yang khas. Penting karena rapimnas ini berjalan di tengah desakan dari sejumlah pengurus Golkar di daerah untuk menarik dukungan kepada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Perhelatan itu juga khas karena terjadi di tengah hubungan yang sempat memanas dan terbuka di antara kedua pemimpin akibat pembentukan Unit Kerja Presiden untuk Pengelolaan Program dan Reformasi (UKP3R). Dan juga khas karena sikap Golkar terhadap UKP3R berbeda di antara Jusuf Kalla yang Ketua Umum Golkar dan sejumlah petinggi Golkar sendiri, semisal Agung Laksono yang adalah wakil ketua umum partai berlambang beringin itu.

Hubungan yang memanas, sering juga dianggap sebagai disharmoni, antara SBY-JK telah berakhir. UKP3R yang menjadi pemicu jalan terus, sedangkan duet yang dulu dikenal dengan semboyan ‘Bersama Kita Bisa’ sering terlihat tersenyum bersama dalam berbagai kesempatan. Termasuk kehadiran SBY dalam silaturahmi petinggi Golkar di rumah dinas Jusuf Kalla dan kerelaan Yudhoyono berpidato dalam rapimnas.

Berakhirkah masalah di antara keduanya? Sejauh menyangkut hubungan personal, bisa dikatakan disharmoni telah berakhir. Tetapi bila berbicara dalam bingkai hubungan Partai Golkar dan pemerintah, ketegangan-ketegangan bisa saja muncul di kemudian hari.

Ketegangan itu tidak semata karena kerancuan faktual. Tetapi juga pada belum dewasanya partai-partai politik menyikapi perpolitikan dan pemerintahan.

Kerancuan faktual yang dimaksud adalah bekerjanya dua power sekaligus dalam ketatanegaraan dewasa ini. Undang-undang menyebut sistem pemerintahan adalah presidensial, tetapi gelora tata kelola pemerintahan adalah parlementer. Partai-partai melalui parlemen, termasuk Partai Golkar, menggelorakan dominasi terhadap eksekutif.

Presiden, walaupun sadar betul tentang hakikat dan power sistem presidensial, tidak bisa tidak dipaksa untuk memiliki sensitivitas terhadap parlemen dan partai politik.

Dilema Partai Golkar adalah partai ini tidak mencalonkan JK sebagai wakil presiden yang berpasangan dengan SBY, tetapi kemudian harus berposisi mendukung pemerintah karena setelah menjadi wakil presiden, JK merebut kursi Ketua Umum Partai Golkar. Artinya, Partai Golkar pada hakikatnya tidak sejak semula mengambil posisi itu. Kalau sekarang Golkar harus mendukung pemerintah, itu semata-mata karena etika berpolitik.

Kendati demikian, di situlah letak persoalan utamanya. Di tengah kerancuan faktual antara sistem presidensial atau parlementer, yang bisa mempertemukan hanyalah etika. Etika yang harus lahir dari partai politik, terutama Golkar, dan etika yang juga harus lahir dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dengan demikian, tidaklah etis SBY mengeluarkan kebijakan tanpa menghiraukan komunikasi. Juga tidak etis apabila partai politik, terutama Golkar, menggunakan isu perombakan kabinet dan dukungan sebagai senjata yang bisa digunakan setiap saat. Harus diingat, semakin sering dan kencang Partai Golkar berbicara tentang perombakan, semakin merugikan diri sendiri.

Kalau Golkar merasa tidak betah lagi berada dalam barisan partai pendukung pemerintah, perasaan itu harus dikuburkan dulu sampai dengan 2009. Itu etika yang bisa menyelamatkan.

Media Indonesia, Selasa, 14 November 2006

Iklan

2 Responses to “Golkar dan Pemerintah”


  1. 1 SUTANTO November 20, 2006 pukul 2:33 pm

    I am absolutely baffled by GOLKAR’s reaction to the president’s formation of UKP3R. If they have nothing to hide, why would they make such a big deal out of it. The only conclusion I can draw is that they are afraid that their behind the curtain lucrative business deals will be negatively affected with someone closely watching over their shoulders.

  2. 2 Paulin Wijaya November 20, 2006 pukul 10:52 pm

    Oh demokrasi Indonesia… nasibmu kini semakin jauh dari harapan akan cita-cita indonesi baru, hiks…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 804,627 hits
November 2006
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: