Manfaatkan Bush

Penolakan terhadap kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS), George Walker Bush, ke Indonesia kian meluas. Tidak saja di Pulau Jawa, namun juga sudah menjalar ke kota-kota besar di Nusantara. Belakangan, ada juga elemen masyarakat yang pro terhadap kedatangan itu –seperti yang dilakukan sekelompok kecil masyarakat Bali Kamis lalu.

Kita berharap sikap pro-kontra itu tidak membuat hubungan sesama anak bangsa retak. Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar, terlebih dalam iklim demokrasi yang tengah kita bangun pascajatuhnya rezim otoriter Soeharto. Biarlah masing-masing pihak menyampaikan pesannya, baik dalam bentuk aksi massa maupun yang lain. Agar Bush tahu bahwa kedatangannya sebenarnya tak dimaui banyak orang, meski yang menerima juga ada dalam jumlah kecil.

Terlepas dari sikap pro-kontra tersebut, kedatangan Bush sudah tak bisa ditolak. Pemerintah tetap menjadwalkan kedatangannya di Bogor pada 20 November nanti. Persiapan pengamanan pun sudah disiapkan. Bandara Halim Perdanakusuma yang menjadi landasan mendarat bagi pesawat yang mengangkut Bush sudah disisir oleh pihak keamanan AS. Bahkan pengamanan Kebun Raya Bogor –tempat bertemunya Bush dengan Presiden SBY– dibuat berlapis tiga. Masyarakat sekitar malahan sudah diimbau untuk tidak keluar rumah dalam kunjungan Bush selama enam jam itu.

Terkait dengan rencana kedatangan Bush, pemerintah juga telah menyusun daftar nama sembilan tokoh masyarakat yang akan diundang untuk berdiskusi dengan Bush. Kesembilannya merupakan representasi dari lima bidang yakni pendidikan, kesehatan, teknologi informasi, bioteknologi, Millenium Development Goals, dan agama, Aceh, dan Papua. Agenda itulah yang nantinya akan menjadi bahan pembicaraan antara Bush dan kesembilan tokoh tadi. Mereka akan beridiskusi seusai pertemuan Bush dengan SBY yang juga membicarakan topik yang sama.

Sejauh mana tokoh-tokoh yang diundang telah menyiapkan pesan yang akan disampaikan kepada Bush? Inilah pertanyaan utama kita. Sebab, akan menjadi mubazir bila mereka tidak menyampaikan pesan yang berarti kepada Bush. Mumpung ada di sini, maka manfaatkanlah dia untuk kepentingan bangsa kita.

Sebagai pemimpin negara maju, Bush semestinya memiliki akses untuk memberi peran negaranya bagi kemajuan bangsa lain di dunia. Mengingat dalam Indeks Pembangunan Manusia 2004 yang dikeluarkan UNDP tahun ini, Indonesia berada di peringkat 108 dari 177 negara, kita memang masih memerlukan bantuan. Indeks ini mengartikan tingkat kesejahteraan suatu negara lebih dari sekadar pendapatan domestik bruto.

Dalam bidang pendidikan misalnya, seharusnya dibahas dan didorong agar pemerintah AS memberikan bantuan bagi kemajuan pendidikan di Tanah Air. Jujur saja, pemerintah kita saat ini masih belum bisa memberikan alokasi dana APBN yang signifikan bagi pendidikan nasional sebagaimana amanat UUD 1945. Dalam laporan UNDP, tingkat buta huruf orang dewasa Indonesia masih lumayan tinggi. Kita berada di peringkat 51 dari 117 negara.

Di bidang kesehatan, kita juga masih belum memadai. Kasus flu burung serta HIV/AIDS di sini masih tinggi. Apalagi kalau mengingat masih tingginya tingkat kematian ibu melahirkan, serta anak-anak yang kekurangan berat badan pada usianya karena kekurangan gizi. Dalam konteks kesehatan dunia, seharusnya AS juga memainkan peran untuk memberikan bantuan.

Akhirnya masalah Palestina dan Timur Tengah. Di sini mesti ditekankan bahwa kita mendukung negara Palestina merdeka dengan kedaulatan tanahnya. Juga harus diingatkan agar standar ganda yang dimainkan AS dalam masalah Palestina dan Timur Tengah segera diakhiri.

Semuanya memang sekadar pesan kita pada Bush. Segalanya terpulang pada dia. Apakah dia datang memang sebagai sahabat, atau sekadar ingin menguji sejauh mana kita tunduk pada dia.

Republika, Sabtu, 18 Nopember 2006

0 Responses to “Manfaatkan Bush”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 780,228 hits
November 2006
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: