Selamat Datang, Tuan Bush!

Selamat datang Tuan Bush! Pagi ini pesawat Air Force One yang membawa Anda dan rombongan akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Selanjutnya Anda dan rombongan akan terbang ke Istana Bogor, Jawa Barat. Selama sepuluh jam di sana, silakan Anda menikmati keindahan dan udara segar Bogor yang sangat terkenal itu.

Namun, maaf segala maaf. Kedatangan Anda kali ini –yang kedua di Indonesia dan pertama di Jakarta/Bogor– barangkali agak terganggu. Ini, terutama, menyangkut berbagai unjuk rasa yang mendahului dan menyertai kedatangan Anda.

Selama beberapa hari menjelang kehadiran Anda di Indonesia berbagai kelompok masyarakat berdemonstrasi menolak kedatangan Anda. Bukan hanya di Jakarta dan Bogor, tapi juga meluas sampai daerah-daerah. Para demonstran yang keberatan terhadap kedatangan Anda bukan hanya dari masyarakat Islam seperti yang tersiar di pers Amerika Serikat (AS), tapi juga mayarakat dari agama-agama lain. Berbagai unjuk rasa itu diperkirakan memuncak hari ini, saat Anda sebagai Presiden AS mengadakan pembicaraan dengan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.

Perlu diketahui, keberatan terhadap kunjungan Anda di Indonesia kali ini tentu bukan karena rasa benci karena Anda warga negara atau Presiden AS. Sebelumnya, beberapa Presiden AS juga telah berkunjung ke Indonesia. Mereka diterima sebagai tamu negara yang sangat dihormati. Bahkan Presiden Bill Clinton saat datang ke Jakarta sempat berkunjung ke Istiqlal, masjid yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Begitulah selayaknya tamu negara disambut. Apalagi masyarakat Indonesia dikenal sangat religius. Memuliakan tamu merupakan kewajiban. Menebar kedamaian dan kasih sayang adalah perintah agama.

Dengan begitu, keberatan terhadap kunjungan Anda lebih karena kebijakan-kebijakan luar negeri Anda sebagai Presiden AS yang banyak merugikan bangsa lain dan melanggar hak asasi manusia. Kita semua tentu berduka ketika ribuan warga AS menjadi korban serangan terhadap gedung kembar World Trade Center di New York dan Gedung Pentagon di Virginia (11/9/2001). Kita juga mengecam keras para pelakunya. Sayangnya, serangan oleh kelompok teroris itu Anda jawab dengan teror serupa. Bahkan lebih dahsyat lagi karena menggunakan kekuasaan negara untuk meneror bangsa dan negara lain. Akibatnya, ratusan ribu warga tak berdosa di Afghanistan dan Irak meninggal dunia menjadi korban teror negara Anda. Ini mengindikasikan bahwa Anda hanya melindungi warga sendiri dan warga lain tak ada harganya.

Anda juga selalu mempromosikan supremasi hukum dan hak-hak asasi manusia, namun Anda sendiri yang ternyata melanggarnya. Negara berdaulat Anda serang tanpa persetujuan PBB. Sejumlah penjara Anda ciptakan untuk menahan orang tanpa proses hukum. Lihatlah hak asasi manusia yang Anda langgar di penjara Abu Ghuraib, Guantanamo, dan sejumlah penjara bawah tanah di beberapa negara.

Anda mengampanyekan demokratisasi, tapi Anda memusuhi pemerintahan demokratis Iran dan Hamas yang dipilih langsung oleh rakyat. Anda selalu gembar-gembor menciptakan perdamaian dunia, namun justru menciptakan konflik di Timur Tengah. Israel yang jelas-jelas agresor dan penjajah Anda dukung untuk menyerang dan membunuh warga Palestina yang tak berdaya. Anda menolak program nuklir Iran dan Korea Utara, tapi ternyata Anda dan negara-negara sekutu AS mempersenjatai diri dengan nuklir.

Semoga berbagai unjuk rasa yang menyertai kunjungan Anda di Indonesia yang dilengkapi dengan kekalahan partai Anda (Partai Republik) di Kongres dan Senat memberikan kesadaran bahwa kebijakan Anda banyak dimusuhi bangsa-bangsa di dunia. Kini, Tuan Presiden masih mempunyai waktu di sisa kekuasaan untuk memperbaiki berbagai kebijakan luar negeri pemerintahan Anda. Selamat pagi, Tuan Presiden!

Republika, Senin, 20 Nopember 2006

Iklan

0 Responses to “Selamat Datang, Tuan Bush!”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 791,637 hits
November 2006
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: