Setelah Bush Datang

Ribuan demonstran dari berbagai organisasi massa dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi “menyerbu” ke Bogor untuk menolak kedatangan Presiden George Walker Bush. Bahkan banyak demonstran yang datang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di beberapa kota juga digelar demonstrasi. Para demonstran menolak kedatangan Presiden Bush karena kebijakan politik luar negerinya yang tidak adil terhadap rakyat Irak dan Palestina. Irak kini luluh lantak. Demonstrasi telah berlangsung damai. Presiden Bush yang baru saja selesai mengikuti KTT APEC tak kaget didemo secara luas untuk menentang kebijakannya. Presiden Bush mengaku bukan pertama kali mendapat protes secara meluas. Dia menyadari, bila melakukan keputusan besar, pasti menuai protes.

Bush pun mempunyai pandangan lain tentang demonstrasi yang terjadi di Tanah Air menjelang dan saat kedatangannya. Demonstrasi itu menunjukkan sehatnya demokrasi yang sedang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Artinya, masyarakat Indonesia sudah bebas menyatakan pandangan dan pendapatnya. Bush memuji fenomena tersebut.

Kritik keras terhadap kebijakan Presiden Bush, termasuk suara ribuan demonstran, sungguh penting. Bagaimana pun Bush perlu meninjau kembali kebijakannya di Irak, misalnya. Kekalahan Partai Republik, partai yang mendukung Bush, telah mendorongnya untuk meninjau kembali kebijakan politik luar negerinya. Bush menjanjikan hal itu. Bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ikut mendukung upaya damai di Irak. Presiden Yudhoyono mengajukan tiga solusi, yaitu rekonsiliasi di Irak dengan memberdayakan pemerintah yang ada, melibatkan lembaga lain seperti pasukan keamanan PBB yang kedatangannya disesuaikan dengan jadwal penarikan pasukan AS dan pasukan lain dari Irak, serta melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi melibatkan masyarakat internasional.

Dalam pandangan Presiden Yudhoyono, masalah Irak bukan saja persoalan AS, tetapi masalah global. Karena itu, Indonesia percaya perlu bekerja sama dan bertukar pikiran untuk melahirkan solusi jangka panjang yang baik di Irak.

Kedatangan Presiden Bush membuat kita repot. Bahkan sebagai tuan rumah, tampaknya kita mempersiapkan kunjungan Presiden Bush ini secara teliti. Buktinya, Presiden Yudhoyono sendiri yang mengadakan inspeksi di lapangan pekan lalu. Bahkan Presiden Yudhoyono memanggil sejumlah besar menteri kabinetnya ke Istana Bogor untuk mengadakan rapat persiapan. Sungguh, kemegahan protokol kunjungan Presiden Bush telah menyita perhatian kita.

Lantas apa yang bisa kita harapkan dari kedatangan Presiden Bush? Tentu, bobot politik Presiden Bush setelah Pemilu Sela 7 November lalu banyak berubah. Peta politik telah bergeser ke Kongres yang kini dikuasai Partai Demokrat mulai Januari 2007. Artinya, segala kebijakan Presiden Bush akan mendapat sorotan tajam dari Kongres. Karena itu, Indonesia jangan terlalu mengharapkan yang muluk-muluk dari kunjungan Presiden Bush. Kita harus sadar benar akan realita perimbangan kekuasaan di Washington saat ini.

Dalam pertemuan bilateral sejumlah masalah dan kerja sama kedua negara telah dibahas. Ada lima agenda yang diajukan Indonesia, yaitu pendidikan, kesehatan, bioenergi, penanganan bencana, dan Millennium Development Goal. Indonesia mendapat sejumlah komitmen. Presiden Yudhoyono menjelaskan, AS siap berbagi teknologi untuk masalah energi. Dalam peta politik luar negeri AS, Indonesia mempunyai arti penting. Kalau tidak, tentu Presiden Bush tak akan berkunjung. Apalagi kalau tahu akan disambut demo besar-besaran. Meskipun pesawat Air Force One sempat rusak ketika hendak berangkat dari Hanoi, Presiden Bush tetap mau ke Bogor.

Menarik pernyataan Duta Besar Su-djadnan di Washington, DC seperti dikutip wartawan senior Sabam Siagian. Sudjadnan mengemukakan, rakyat Indonesia perlu paham tentang gambaran yang luas. Yang dipersoalkan bukanlah Bush. Yang menjadi pertaruhan adalah mengokohkan hubungan Jakarta dan Washington. Kita menempatkan kunjungan Bush dalam konteks ini.

Senin, 20 November 2006

Iklan

0 Responses to “Setelah Bush Datang”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 791,557 hits
November 2006
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: