Akan Hadir Perempuan Gubernur Pertama

Suara Merdeka 28 11 2006– Meski belum selesai penghitungan, tetapi tampaknya kuat indikasinya Ratu Atut dan Masduki akan terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten periode 2006-2011. Jika perhitungan sementara kita gunakan sebagai acuan, tampaknya pasangan itulah yang akan memenangi pilkada tahun ini. Sementara itu pasangan lain, berada jauh di bawahnya. Dengan demikian, ia akan menjadi perempuan gubernur pertama di Indonesia sejak kemerdekaan. Fragmentasi basis suara Ratu Atut belum terlihat, apakah suaranya lebih banyak datang dari kaum perempuan, ataukah laki-laki, dari kaum dewasa, atau orang tua. Kecenderungan itu menarik untuk diamati untuk memotret dari dekat perilaku pemilih.

– Perilaku pemilih itu tentu menarik untuk diamati, terutama ada kecenderungan yang sangat baik pada munculnya pemimpin-pemimpin wanita di negeri ini. Semakin banyak hadir lurah, camat, bupati, kapolres yang datang dari kaum hawa. Sepanjang pengetahuan kita, kinerjanya tidaklah mengecewakan. Bahkan, Bupati Kebumen Rustriningsih memperlihatkan kinerja di atas rata-rata, sehingga terpilih kembali dengan dukungan suara yang meyakinkan. Kita juga pernah memiliki Presiden Megawati yang ternyata kinerjanya juga tidak mengewakan. Jika ia kalah dalam pemilihan presiden, bukanlah semata-mata akibat kapasitas pribadinya, melainkan daya dukung SDM partainya yang masih lemah.

– Tentu saja kecenderungan seperti itu membanggakan sekaligus menjadi penanda bahwa mungkin inilah saatnya mereka hadir di tengah arus persamaan hak dan demokrasi yang semakin meluas. Di tataran dunia, kita melihat betapa kuatnya kepemimpinan Margareth Thatcher ketika menjadi Perdana Menteri Inggris. Begitu kuat kepemimpinannya sampai ia dijuluki Wanita Besi. Di Amerika Serikat hadir Hillary Clinton yang mengesankan sama hebat dengan suaminya. Kebesarannya semakin tampak ketika menghadapi badai rumah tangga yang mahadahsyat, dan kini tetap hadir sebagai Senator Negara Bagian New York. Kehadiran perempuan dalam kancah kepemimpinan negara di sini semoga juga menjadi bagian dari arus besar itu.

– Beberapa ahli mengatakan, perempuan cenderung menggunakan perasaan, sedangkan laki-laki cenderung menggunakan otaknya. Jika pendapat ini benar, maka sungguh begitu bermakna ketika mereka berada di pucuk kepemimpinan pemerintahan. Sebab, kuatnya perasaan itu akan memberikan nilai lebih pada kekuasaan yang digenggamnya. Kekuasaan yang hanya diliputi logika, didorong otak, hanya akan lebih banyak melahirkan nafsu. Sebaliknya, kekuasaan yang ditopang kuatnya perasaan akan melahirkan kepemimpinan yang merasakan denyut kehidupan masyarakat sesungguhnya. Kekuasaan seperti inilah yang sebenarnya didambakan oleh masyarakat.

– Akan tetapi, kecenderungan penggunaan perasaan berlebihan dalam kekuasaan juga tidak terlalu menguntungkan karena setiap kali ada intrik politik dibutuhkan penyelesaian dengan konsep ”tega hati” yang biasa berlaku di ranah politik. Namun kehadiran perempuan pemimpin yang bercirikan senang terhadap ketenteraman dan kenyamanan itu akan memberikan nutrisi batin bagi masyarakatnya. Suasana menenteramkan itulah yang sebenarnya sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Tenteram dalam kehidupan keseharian seperti mencari makan, tidur, bepergian, mengembangkan diri, dan sebagainya. Bukan sebaliknya, tidak tenteram karena harus antre minyak tanah berjam-jam lamanya hanya dapat dua liter saja.

– Seandainya benar kelak Ratu Atut terpilih, tentu suasana itulah yang diharapkan masyarakat Banten. Ketika pemilih menentukan pemimpinnya, pasti bukan semata-mata karena ada iming-iming uang, tetapi lebih karena pilihan hati nurani. Pilihan itu juga pasti bukan datang tiba-tiba sesaat setelah berada di bilik. Bagi Ratu Atut, memimpin Banten juga bukan pekerjaan ringan karena merupakan salah satu daerah yang memiliki konsentrasi industri dan berdampingan dengan Jawa Barat dan DKI Jakarta. Dalam lima tahun ke depan, dia akan membuktikan diri apakah benar hadir sebagai pemimpin yang kuat atau hanya sekadar populer di mata masyarakatnya.

===================

Luthfi

Iklan

0 Responses to “Akan Hadir Perempuan Gubernur Pertama”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 804,679 hits
November 2006
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: