Lakukan langkah tepat untuk menarik investor

SoloPos 28 Nov 2006 – Investasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia usaha, sebab dengan adanya investasi inilah suatu usaha akan dapat dikembangkan menuju ke usaha yang lebih besar lagi.
Dan otomatis tenaga kerja yang terserap semakin besar, dampaknya bagi perkembangan ekonomi di sekitar usaha tersebut pun akan menguntungkan.
Ibarat sebuah tanaman, ”investasi” adalah sebagai pupuknya, dengan adanya pupuk inilah tanaman akan tumbuh dengan subur. Begitu juga dengan dunia usaha, sebab apabila semakin banyak investor yang menanamkan modalnya di negara ini, diharapkan dengan modal tersebut dapat membantu perkembangan dunia usaha kita khususnya usaha kecil menengah yang semakin banyak tumbuh dan berkembang di daerah.
Dalam upaya pengembangan dunia usaha di daerah khususnya, sebenarnya pemerintah telah memberikan keleluasaan kepada daerah untuk dapat merealisasikan hal tersebut. Di antaranya adalah dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah. Di dalam salah satu pasalnya yaitu pasal 195 disebutkan bahwasanya, ”Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, daerah dapat mengadakan kerja sama dengan daerah lain yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik, sinergi dan saling menguntungkan.”
Dari bunyi Pasal tersebut di atas jelas bahwasanya sebenarnya pemerintah sangat mendukung segala kegiatan yang ada di daerah yang bertujuan baik, guna peningkatan kesejahteraan rakyat.
Kemudian yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah bagaimana pemerintah daerah merealisasikan peningkatan iklim investasi khususnya yang ada di daerah guna peningkatan kesejahteraan masyarakat?
Langkah-langkah
Untuk menarik investasi ke daerah dan menggairahkan dunia usaha, beberapa langkah perlu ditempuh.
Pertama adalah kecermatan dalam membaca/menganalisis setiap potensi yang ada di daerah. Hal ini dilakukan sebab, dengan adanya kecermatan dalam membaca setiap potensi yang ada dalam masyarakat yang berdomisili di daerah khususnya. Kedepannya diharapkan potensi tersebut dapat dikembangkan dengan adanya suntikan modal dari para investor. Potensi tersebut sebenarnya tidak hanya berupa sumber daya alam saja, melainkan dapat juga berupa potensi sumber daya manusia yang berkualitas. Sebagai contoh riil dari pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan adanya pembukaan lembaga-lembaga pendidikan non formal yang berstandar internasional. Hal tersebut dapat dilakukan oleh para investor di antaranya adalah dengan membuka lembaga-lembaga kursus bahasa asing. Dengan demikian selain para investor mendapatkan keuntungan dari usahanya tersebut, berarti juga telah membantu pemerintah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.
Kedua adalah dengan mempromosikan setiap potensi yang ada di daerah. Dengan langkah ini diharapkan dapat lebih mengenalkan setiap potensi yang ada di daerah untuk dapat lebih dikenal oleh daerah lain atau bahkan bangsa lain. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengikuti setiap oven pameran-pameran di bidang investasi yang bertaraf nasional ataupun internasional, di mana dalam even tersebut kita dapat lebih mengenalkan daerah kita kepada orang lain. Diharapkan dengan orang mengenal daerah kita, orang tersebut tertarik untuk berinvestasi di daerah kita.
Ketiga, adalah adanya regulasi dan birokrasi yang memudahkan orang dalam berinvestasi. Langkah ini dilakukan agar para investor yang ingin melakukan investasi di daerah dapat merasa dipermudah dengan adanya birokrasi yang tidak terlalu berbelit-belit dan peraturan yang tidak terlalu memberatkan mereka. Salah satu contohnya adalah dengan membuat birokrasi perizinan dalam satu tempat atau istilahnya adalah one stop service. Dan contoh lainnya adalah dengan dikeluarkannya peraturan daerah yang dapat mendukung iklim investasi di daerah tersebut.
Keempat, adalah adanya jaminan keamanan. Jaminan keamanan merupakan faktor yang tak kalah pentingnya dalam hal menarik investor untuk berinvestasi di daerah. Sebab dengan adanya jaminan keamanan ini para investor akan merasa aman dalam melakukan kegiatan usahanya di daerah dan mereka tidak merasa was-was akan kelangsungan usahanya.
Pada akhirnya dengan terealisasikannya keempat hal tersebut di atas, kiranya dapat memberikan suatu solusi dalam upaya peningkatan iklim investasi di daerah. Sebab dengannya banyaknya investor yang masuk ke daerah diharapkan dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang ada di daerah. – Muchlis Marwan, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

==================

Luthfi

Iklan

0 Responses to “Lakukan langkah tepat untuk menarik investor”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 798,992 hits
November 2006
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: