Sukses Pilkada, Kemenangan Aceh

Hari ini masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam secara serentak akan memilih gubernur-wakil gubernur dan 19 bupati/walikota-wakil bupati/walikota. Untuk pemilihan gubernur, ada delapan pasang calon yang akan dipilih oleh sekitar 2,6 juta pemilih terdaftar. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Aceh telah menyiapkan sebanyak 8.625 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 21 kabupaten/kota.Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Serambi Mekah kali ini mempunyai makna yang sangat penting dan strategis. Pertama, inilah pemilihan kepala daerah yang pertama yang dilakukan secara langsung oleh rakyat Aceh. Ini artinya, rakyat Acehlah yang akan menentukan masa depan daerahnya.

Dengan begitu, tuntutan Aceh merdeka tentu tidak relevan lagi lantaran merekalah yang kini menentukan masa depannya sendiri. Hal ini berbeda dengan pemilihan kepala daerah sebelumnya di mana intervensi pusat (Jakarta) sangat menentukan. Apalagi sekarang ini tiga dari delapan pasangan calon gubernur-wakil gubernur berasal dari jalur perseorangan (independen).

Kedua, pilkada kali ini juga merupakan yang pertama sejak ditandatanganinya Nota Kesepahaman (MoU) Helsinki (15 Agustus 2005). MoU Helsinki ini pada intinya berisikan kesepakatan damai antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan Pemerintah Indonesia. Sebagai hasil dari kesepakatan itu, pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) ditarik dari Tanah Rencong. Di pihak GAM, senjata mereka dimusnahkan dan para personelnya kembali berbaur dengan masyarakat. Bahkan para mantan anggota dan tokoh GAM juga mempunyai hak yang sama dengan warga Aceh lainnya untuk memilih dan dipilih dalam pilkada. Dari delapan pasangan calon gubernur-wakil gubernur sekarang ini ada di antaranya yang mantan tokoh GAM.

Dengan begitu dapat dikatakan bahwa pilkada hari ini merupakan babak baru dalam kehidupan masyarakat Aceh. Babak baru yang sebenarnya sudah dimulai ketika kesepakatan damai antara GAM dan pemerintah RI ditandatangani. Babak baru untuk meninggalkan masa lalu yang penuh kekerasan dan darah menuju perdamaian yang abadi. Babak baru untuk membangun dan mensejahterakan rakyat Aceh yang telah lama menderita. Babak baru untuk rekonsiliasi berbagai unsur di masyarakat. Karena itu alangkah baiknya kalau ke depan tidak ada lagi istilah ‘orang-orang atau tokoh GAM’. Semua adalah warga Aceh, semuanya rakyat Indonesia.

Untuk mewujudkan itu semua, salah satu syaratnya adalah pilkada hari ini harus sukses. Sukses yang harus diartikan sebagai tidak ada kekerasan. Sukses dalam arti semua pihak harus bisa bersikap legowo, bisa menerima kemenangan dan juga kekalahan. Sikap seperti ini terutama harus dimiliki para pasangan calon kepala-wakil kepala daerah, pemimpin partai politik, ormas, dan tokoh. Dalam masyarakat seperti di Aceh, sikap massa lebih banyak ditentukan oleh para pemimpimnya.

Kita bersyukur bahwa para pasangan calon kepala-wakil kepala daerah di Aceh, tim sukses, dan pendukungnya selama ini, terutama selama masa kampanye, bisa bersikap dewasa. Ada beberapa peristiwa kekerasan di sana-sini, tapi masih dalam tingkat wajar dan bisa ditoleransi. Berbagai persoalan pun bisa diselesaikan dengan musyawarah. Sikap seperti ini kita harapkan bisa terus dipelihara hingga setelah pemilihan pilkada.

Sekali lagi, keberhasilan pilkada hari ini adalah kemenangan semua warga Aceh dan sekaligus rakyat Indonesia, terlepas dari siapa yang akan terpilih menjadi kepala-wakil kepala daerah.

Republika, Senin, 11 Desember 2006

Iklan

0 Responses to “Sukses Pilkada, Kemenangan Aceh”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 788,198 hits
Desember 2006
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: