Kita Jauh Ketinggalan

Pesta olahraga se-Asia atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Asian Games telah berakhir malam tadi. Kota Doha, Qatar, sebagai tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga multievent ke-15 sejak 1 Desember lalu ini akan menjadi saksi bisu babak belurnya atlet-atlet kita. Dengan kekuatan seratusan atlet yang ikut di 15 cabang olahraga, kita hanya mampu meraih dua emas, tiga perak, dan 15 perunggu. Kita harus puas di urutan ke-22 dari 45 negara peserta. Perolehan yang jauh dari target semula yang cuma membidik empat emas.Hasil tersebut memperlihatkan atlet-atlet kita masih jauh ketinggalan di antara negara Asia lainnya. Bahkan dibandingkan tetangga terdekat di kawasan Asia Tenggara saja kita masih berada di bawah mereka. Lihatlah Thailand yang mampu menyodok di peringkat kelima dengan 13 emas, atau Malaysia di peringkat ke-10 dengan delapan emas, Singapura di peringkat ke-12 dengan delapan emas, Filipina di posisi ke-18 dengan empat emas, dan Vietnam di posisi ke-19 dengan tiga emas. Sebuah hasil mengecewakan yang tentu saja patut mendapat perhatian dari semua pihak, tidak terkecuali Presiden.

Sebagai pemimpin nasional, sudah sepatutnya Presiden memberikan perhatiannya yang serius terhadap dunia olahraga nasional. Bukan apa-apa, kemajuan di bidang olahraga juga menunjukkan kemajuan sebuah bangsa. Lihatlah, bangsa-bangsa yang maju olahraganya adalah bangsa-bangsa yang juga maju di bidang lain seperti ekonomi, sains, serta peradaban.

Dalam sepuluh tahun terakhir ini dunia olahraga kita memang mengalami kemunduran. Untuk menjadi juara umum SEA Games saja yang levelnya cuma Asia Tenggara, kita sudah sulit mencapainya. Kecenderungan ini juga terlihat di bidang lainnya, ekonomi misalnya. Kita kini sudah berada di bawah Malaysia dan juga Vietnam yang dalam beberapa dekade sebelumnya masih “berguru” kepada kita. Jangan bandingkan lagi dengan Thailand atau Singapura yang kian jauh meninggalkan kita.

Situasi Tanah air sekarang ini sebenarnya kita tidak buruk-buruk amat. Meski bergerak lambat, namun pertumbuhan ekonomi tetap ada. Kita seharusnya malu dengan hasil yang dicapai oleh tim sepak bola Irak. Negeri yang masih dicabik-cabik perang ini mampu lolos ke babak final olahraga paling populer ini. Berkaca dari situ, kita bisa berasumsi pasti ada yang salah dengan pola pembinaan olahraga Indonesia.

Untuk itu diperlukan perombakan total dalam manajemen pembinaan olahraga nasional. Sistem pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di negara kita mungkin sudah tertinggal jauh dengan negara lain. Tak ada salahnya kita mencontoh negara-negara yang sudah maju. Di sinilah diperlukan keseriusan Presiden dalam menggarap bidang olahraga.

Tak ada salahnya kembali menghidupkan semboyan “mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga”. Semboyan ini memiliki makna yang dalam. Masyarakat memang perlu diolahragakan, sementara olahraga juga patut dimasyarakatkan. Sebab, banyak hal positif yang dapat diambil dari olahraga itu sendiri. Paling tidak mengajarkan kita untuk selalu menjunjung sportivitas. Sifat ksatria ini nantinya dengan sendirinya akan menular untuk kehidupan di bidang lain.

Syukur-syukur kemudian dari kegiatan massal olahraga ini muncul bibit-bibit yang unggul dan bisa diharapkan bersaing di tingkat internasional. Kalaupun belum menemukan mereka yang berbakat, setidaknya sifat-sifat sportif bisa membawa dampak positif di tempat lain.

Republika, Sabtu, 16 Desember 2006

Iklan

0 Responses to “Kita Jauh Ketinggalan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 788,198 hits
Desember 2006
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: