Menyedihkan, Bencana Massal Transportasi

Di penghujung tahun 2006 dan awal tahun 2007, kita dikejutkan oleh berbagai bencana transportasi.

Dua yang terbesar adalah tenggelamnya kapal KM Senopati Nusantara yang membawa ratusan penumpang, dan hilangnya pesawat Adam Air jurusan Surabaya-Manado beserta 96 penumpangnya.

Kedua peristiwa di atas masih dibarengi oleh belasan peristiwa kecelakaan maupun bencana dalam waktu yang hampir bersamaan. Tenggelamnya kapal serta tergelincirnya pesawat terbang adalah peristiwa yang terjadi dalam sepekan terakhir.

Faktor cuaca dituding sebagai penyebab utama. Sebelumnya BMG memang sudah memperkirakan bahwa akibat pengaruh tekanan udara, ada potensi munculnya bibit badai di kawasan Tengah menuju Timur Indonesia. Pemerintah sendiri melalui Menteri Perhubungan telah memperingatkan supaya seluruh transportasi laut dan udara menerapkan prinsip kehati-hatian.

Namun bagaimanapun, faktor manusia tetap amat menentukan dalam bencana yang terjadi. Bencana semakin diperberat oleh kelalaian manusia. Dalam kasus tenggelamnya KM Senopati Nusantara misalnya, awak kapal tidak melakukan prosedur penyelamatan. Akibatnya para penumpang mengalami kepanikan sehingga kemudian tercerai berai.
Faktor human error yang memperberat keadaan juga terlihat dari penanganan kasus hilangnya pesawat Adam Air tadi. Manajemen penerbangan bahkan pemerintah sendiri telah menyampaikan informasi yang sangat menyesatkan lebih dari 12 jam lamanya. Sebelumnya pemerintah sendiri, melalui Menteri Perhubungan dengan yakin di depan media mengumumkan mengenai penemuan pesawat naas tersebut. Namun kemudian pengumuman tersebut diralat dan dinyatakan bahwa pesawat tersebut masih dalam pencarian.

Apa yang terjadi kini tidak berlebihan kalau kita katakan sebagai bencana massal di bidang transportasi. Kasus demi kasus seolah membawa tragedi dan kesedihan kita bersama karena terjadi begitu saja tanpa kemampuan melakukan antisipasi. Padahal jika kita menggunakan informasi yang sudah disampaikan dengan jelas oleh BMG maka di dalamnya akan ada prinsip kehati-hatian.

Data yang ada sayangnya tidak direspon dengan baik oleh seluruh operator penerbangan dan pemilik kapal. Mereka kelihatannya cenderung mengabaikan faktor ini. Mereka, harus jujur kita akui lebih mengedepankan aspek bisnis semata. Memaksakan diri untuk menembus cuaca dan badai jelas adalah sebuah kekonyolan yang sangat berisiko. Dan akibatnya sudah sama-sama kita lihat. Korban berjatuhan karena kelalaian pada diri kita sendiri.

Sudah saatnya pemerintah melakukan sesuatu sebelum terjadi kecelakaan dan bencana yang lebih parah lagi. Jangan sampai karena keinginan mengejar jadwal mengingat bahwa pekan-pekan ini adalah jadwal yang amat padat (peak season), maka seluruh operator mengabaikan keselamatan penumpang bahkan dirinya sendiri.

Manajemen keselamatan transportasi kita memang sudah sangat parah. Dan itu adalah kisah yang berulangkali disampaikan oleh media, sayangnya tanpa penanganan yang memadai. Di sinilah pemerintah sebagai regulator seharusnya menegakkan hukum dan aturan yang ada.

Kita berpendapat bahwa pemerintah memang harus lebih giat lagi. Sebelum seluruh operator transportasi menjadi liang kubur massal bagi masyarakat yang menggunakannya, harus dilakukan pembenahan yang memadai supaya korban tidak lagi berjatuhan. Duka memang tidak dapat dihapuskan dengan hanya meminta maaf kepada keluarga korban. Namun pembenahan dan pencegahan adalah jalan satu-satunya supaya tiada lagi duka yang seharusnya tidak perlu terjadi di masa depan. (***)

Sinar Indonesia Baru, Jan 04, 2007 at 08:04 AM

0 Responses to “Menyedihkan, Bencana Massal Transportasi”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 780,018 hits
Januari 2007
S S R K J S M
« Des   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: