Perketat Keselamatan Transportasi

Peristiwa kecelakaan beruntun yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat belakangan ini menjadi sebuah kejadian yang sangat menarik perhatian kita.

Terlebih mengingat jumlah korban yang tidak sedikit. Ambil contoh tenggelamnya kapal KM Senopati Nusantara yang menewaskan ratusan penumpangnya. Juga hilangnya pesawat terbang Adam Air yang membawa lebih dari seratus orang penumpang. Mereka yang menjadi korban jelas membawa tragedi tersendiri bagi keluarga yang ditinggalkan.
Menyaksikan peristiwa tersebut, salah satu pelajaran penting yang harus sangat dibenahi adalah jaminan keselamatan transportasi. Jaminan dimaksud adalah sebuah sistem yang baku, tersistematisasi dan mudah dimengerti oleh para penumpang, sehingga ketika terjadi kecelakaan, prosedur tersebut langsung berlaku.

Ambil contoh pada kecelakaan KM Senopati Nusantara. Ternyata berdasarkan pengakuan para penumpang yang selamat, ketika kapal mulai menunjukkan tanda akan tenggelam, mereka sama sekali tidak tahu apa-apa. Awak kapal yang seharusnya memberitahukan kepada para penumpang mengenai apa yang harus dilakukan, tidak mengerjakan apa-apa. Bahkan para penumpang diperlakukan seolah tidak perlu mengetahui bahwa kapal naas tersebut akan tenggelam.

Demikian juga dengan kejadian di seputar hilangnya pesawat milik Adam Air. Memang walau tidak secara langsung, namun rusaknya radar ELBA milik Indonesia jelas menjadi salah satu penyebab lambatnya mendeteksi keberadaan pesawat tersebut. Akibatnya sampai sekarang, koordinat daripada pesawat tersebut hanya mengandalkan infomasi dari ELBA milik Singapura.

Alangkah menyedihkannya memang keadaan ini. Dari data yang ada pada Mahkamah Pelayaran, diketahui bahwa faktor manusia hanya menyumbang 20 persen saja dari angka kecelakaan. Sebanyak 30 persen disebabkan oleh human error, yang salah satunya adalah tiadanya jamiman keselamatan yang memadai tadi.

Memang kalau kita mengalami sendiri transportasi kita, alangkah memiriskannya.

Banyak sarana transportasi laut yang berada dalam keadaan “gawat darurat”. Bagaimana tidak? Kebanyakan tidak dilengkapi dengan sarana pertolongan keselamatan, petunjuk untuk pertolongan diri sendiri, maupun fasilitas lain. Padahal kita ketahui sebagai sebuah negara kepulauan, sarana laut adalah modal utama. Maka alangkah memiriskannya ketika yang terjadi adalah pengangkutan yang asal-asalan.

Kelihatannya mengerikan. Tetapi itulah yang terjadi, setiap kali kita memasuki angkutan laut. Kita seolah memasuki tempat penuh berisiko bagi nyawa kita dan keselamatan kita sendiri.

Penerbangan hampir sama saja. Memang modal transportasi udara adalah sarana yang high tech, artinya membutuhkan sarana dan operasi dari kemampuan manusia yang ada. Untuk itu seharusnya dilakukan pemasangan berbagai sarana yang mampu membantu keadaan darurat, semisal radar darat tadi. Tetapi setahu bagaimana, Indonesia ternyata masih mengabaikan demikian.

Dari dua kejadian kecelakaan yang mengisi lembaran kelam beberapa hari ini, sudah sepantasnya pemerintah meningkatkan kepatuhan pada prosedur keselamatan yang berlaku secara universal. Nyawa manusia tidak boleh disia-siakan. Manusia adalah manusia yang nyawanya tidak bisa diukur dengan pemasukan dan keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan transportasi. Menteri Perhubungan beserta seluruh jajarannya harus melakukan pembenahan. Ketakutan massal sekarang ini sedang terjadi.

Masyarakat gelisah dan kuatir terhadap apa yang sedang terjadi. Karena itu pemerintah harus menjelaskan kepada publik apa yang akan dilakukannya dalam membenahi hal ini. (***)

Sinar Indonesia Baru, Jan 06, 2007

Iklan

0 Responses to “Perketat Keselamatan Transportasi”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 791,637 hits
Januari 2007
S S R K J S M
« Des   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: