Prospek Perdamaian Palestina

Bagaimanakah prospek perdamaian di Timur Tengah, terutama di Palestina, pada tahun 2007 ini? Melihat apa yang terjadi sepanjang tahun 2006, perdamaian yang selama ini diidamkan tampaknya masih jauh, apalagi bila diharapkan bisa terjadi pada 2007.

Pada faktor internal, konflik yang berlangsung hingga kini antara kelompok Fatah dan Hamas sungguh sangat memprihatinkan. Antara kedua kelompok terdapat kesenjangan yang sangat lebar, baik menyangkut idiologi maupun strategi perjuangan.

Kelompok Fatah yang dipimpin Presiden Palestina Mahmud Abbas lebih beridiologi sekuler, urusan negara/pemerintahan harus dipisahkan dengan agama. Faksi ini pun lebih suka menempuh strategi kompromistis, bahwa untuk mendirikan sebuah negara Palestina merdeka harus dijalin kerja sama yang baik dengan pemerintah Israel. Hal inilah yang telah berlangsung puluhan tahun selama Fatah dan Palestina di bawah kepemimpinan almarhum Yassir Arafat dan kemudian Mahmud Abbas hingga Hammas memenangkan pemilihan umum.

Sedangkan kelompok Hammas berideologi agama/Islam. Strategi yang ditempuh pun, terutama dalam hal hubungannya dengan Israel, sangat tegas. Tidak ada kompromi dengan negara Yahudi itu. Faksi Hammas segera mendapatkan simpati dari warga Palestina justru lantaran idiologi dan strateginya ini. Apalagi selama Palestina di bawah Fatah perdamaian dan kesejahteraan tidak kunjung datang. Ini masih ditambah dengan isu-isu korupsi yang terus mewarnai sejarah perjalanan Fatah.

Perseteruan dua kelompok ini semakin tajam manakala Hammas memenangkan pemilihan umum dan Ismail Haniya terpilih menjadi perdana menteri. Hingga kini Haniya gagal membentuk pemerintahan nasional bersatu yang melibatkan semua unsur bangsa Palestina, terutama dari Fatah.

Perseteruan ini semakin parah ketika masyarakat Eropa dan Amerika Serikat membekukan bantuan yang semestinya diberikan kepada pemerintahan Palestina, yang berakibat pada krisis keuangan. Bahkan perseteruan ini kemudian berkembang menjadi konflik senjata yang terbuka antara Fatah dan Hamas yang hingga sekarang terus berlangsung.

Pada faktor eksternal tampaknya juga belum ada isyarat kuat dari dunia internasional yang serius mengusahakan perdamaian di Palestina. Sungguhlah sangat menyedihkan bahwa lebih dari setengah abad masyarakat internasional/Perserikatan Bangsa-bangsa membiarkan bangsa Palestina yang lemah menjadi bulan-bulanan tentara Israel.

Ketidakseriusan masyarakat internasional mengusahakan kemerdekaan dan kedamaian bagi bangsa dan negara Palestina barangkali bisa dipahami karena ada pihak yang memang menangguk keuntungan dari ketidakstabilan di sana. Harus diakui bahwa apa yang terjadi di Palestina merupakan akar segala konflik dan kekerasan di Timur Tengah. Padahal konflik dan kekerasan inilah yang antara lain menyebabkan harga minyak dunia meroket naik. Sejumlah negara pengekspor minyak, terutama negara-negara Teluk, tentu maraih keuntungan dari kenaikan harga minyak ini.

Di lain pihak, negara-negara industri/pembuat senjata, khususnya AS dan Eropa, tentu juga diuntungkan dengan konflik dan kekerasan yang terjadi di Timur Tengah. Ketidakstabilan di kawasan itu telah menyebabkan negara-negara di Timur Tengah berlomba saling mempersenjatai diri dengan berbagai persenjataan tercanggih yang dihasilkan manusia. Di sinilah kepentingan negara-negara pembuat persenjataan tersebut.

Dengan memahami faktor internal dan eksternal tadi tampaknya perdamaian di Palestina masih jauh. Bagi bangsa Indonesia yang mempunyai hubungan emosional dengan bangsa Palestina dan selalu berusaha membantu kemerdekaan bangsa tersebut sudah seharusnyalah memahami anatomi persoalan yang terjadi di Timur Tengah. Tanpa memahami akar persoalan kita khawatirkan semua usaha ke arah sana bisa sia-sia.

Republika, Senin, 08 Januari 2007

Iklan

0 Responses to “Prospek Perdamaian Palestina”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 792,910 hits
Januari 2007
S S R K J S M
« Des   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: