Jangan nodai Pilkades!

Pemilihan kepala desa (Pilkades) telah berlangsung di sejumlah daerah di Soloraya. Secara umum, pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa itu berjalan lancar. Warga dengan penuh antusias menggunakan hak pilih mereka untuk menentukan pemimpin desa mereka.
Namun di tengah situasi yang kondusif, tiba-tiba saja kita dikejutkan berita adanya Pilkades di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar, Kamis (4/1) lalu yang diwarnai aksi perusakan rumah salah satu calon pendukung kepala desa (Kades). Sementara di Kecamatan Kerjo di kabupaten yang sama, nyaris terjadi kericuhan akibat warga tidak mau menerima atas hasil perhitungan suara proses Pilkades. Untung saja, permasalahan di atas tidak melebar dan bisa dikendalikan oleh aparat setempat.
Dalam kehidupan berdemokrasi, berbeda pendapat adalah sesuatu yang wajar. Masing-masing individu berhak menentukan pilihan dan pandangan mereka masing-masing, termasuk siapa yang akan dipilih dalam ajang Pilkades. Maka tak heran bila masing-masing calon Kades berupaya menggaet pendukung semaksimal mungkin.
Akan tetapi, perbedaan pendapat itu janganlah menimbulkan tindakan anarki yang bisa merusak makna kebebasan itu sendiri. Warna-warni pendapat tak perlu menimbulkan permusuhan, apalagi sampai memunculkan hal-hal kontraproduktif seperti di atas. Masyarakat harus mengimbangi kebebasan berdemokrasi itu dengan kedewasaan berpikir.
Desa merupakan sistem pemerintahan terkecil di negara kita. Pemerintah telah memberikan ruang bagi masyarakat untuk menjalankan kehidupan demokrasi lewat Pilkades. Selain itu, pemerintah juga memberikan kewenangan penuh kepada desa untuk mengoptimalkan segala sumber daya yang ada bagi kesejahteraan masyarakat.
Untuk itu, kita mengingatkan agar kondusivitas di tingkat desa tidak diusik oleh persoalan yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan kepala dingin. Apabila masyarakat menemukan indikasi penyimpangan atau hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan aturan, alangkah bijak bila diselesaikan melalui prosedur yang ada sesuai Peraturan Daerah (Perda).
Selain itu, kita juga mengingatkan agar panitia Pilkades, dalam hal ini Badan Perwakilan Desa (BPD), agar benar-benar menguasai petunjuk pelaksanaan (Juklak) maupun petunjuk teknis (Juknis) yang ada. Dengan demikian, apabila terjadi permasalahan, dapat segera diselesaikan secara cermat tanpa menyimpang dari aturan.
Kita juga memberikan apresiasi positif bagi masyarakat di pedesaan yang telah berhasil menggelar Pilkades secara demokratis, damai, jujur dan adil. Artinya, kedewasaan masyarakat dibutuhkan untuk mau menerima secara legawa hasil Pilkades, baik menang maupun kalah. Toh, semuanya itu juga demi kemajuan dan perkembangan desa.
Imbauan ini kami sampaikan karena Pilkades masih akan berlangsung di beberapa daerah, seperti di Boyolali, Klaten dan Wonogiri. Pemerintah Kabupaten juga jangan bosan untuk terus mensosialisasikan aturan Pilkades.
Harapannya, ke depan Pilkades bisa berjalan baik, demokratis, jujur dan adil. Masih banyak persoalan di desa yang butuh pemikiran bersama, daripada beda pendapat yang berlebihan dalam menentukan Kades. Pemberdayaan petani, mengembangkan hasil produksi pertanian, peningkatan kesejahteraan perangkat, optimalisasi lahan, merupakan sebagian dari permasalahan di desa yang masih perlu mendapat perhatian.
Kita telah berpengalaman dalam Pemilu legislatif maupun Pemilu Pilpres 2004 lalu, yang kesemuanya berjalan lancar. Di tingkat nasional saja kita mampu, kenapa di desa tidak? –

sumber : solopos 

Iklan

0 Responses to “Jangan nodai Pilkades!”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 797,245 hits
Januari 2007
S S R K J S M
« Des   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: