Koalisi Kebangsaan

Sebuah perhelatan besar terjadi di Medan. Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan melakukan sebuah langkah politik baru dengan mendeklarasikan sebuah model koalisi. Kesepahaman digagas dalam sebuah konsep bernama Silaturahmi Nasional. Dalam acara yang untuk pertama kali terjadi di antara dua partai besar pemegang Pemilu 2004 itu, hadir Ketua Umum Dewan Penasehat Partai Golkar Surya Paloh dan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI-P Taufik Kiemas.

Pertemuan keduanya memang terasa mengejutkan. Kita tahu bahwa selama ini Partai Golkar adalah partai pendukung pemerintah. Sementara PDI-P adalah partai yang menancapkan diri sebagai oposisi. Keduanya juga bukan sekali dua kali berbeda pendapat dalam merespon persoalan bangsa, termasuk kebijakan pemerintah.

Kedua partai besar itu memang bukan baru kali ini bersama. Ketika menghadapi persaingan dalam Pemilu 2004 lalu, keduanya bergabung ke dalam sebuah kesatuan bernama Koalisi Kebangsaan. Namun keduanya kemudian ditandingi oleh Koalisi Kerakyatan, bentukan lawan politik mereka. Imbas koalisi itu kemudian terus terjadi dalam “perebutan” kursi di parlemen, termasuk pimpinan DPR, pimpinan Komisi dan Badan Kelengakapan parlemen.

Dilihat dari sudut pandang pengalaman, bertemunya kedua parpol besar ini memang luar biasa besar. Partai Golkar pernah memegang pemerintahan selama lebih dari tiga dekade termasuk ketika masih menjadi ormas bernama Golkar. PDI-P sendiri, pernah memegang tampuk pemerintahan di jaman mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. Keduanya jelas memiliki sumber daya, baik berupa kader maupun simpatisan bagaikan air bah. Kini mewarnai pertarungan politik di Indonesia dengan sangat baik.

Yang paling menjadi perhatian kita adalah, apakah yang akan terjadi dengan adanya semacan kesepahaman ini? Persoalan politik kita memang amat sulit ditebak. Namun keduanya memang sudah menjalin eksperimentasi. Dalam Pilkada di DKI Jakarta sekarang, keduanya mengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang sama. Sebagaimana disampaikan oleh salah seorang kader mereka, kerjasama ini akan terus berlanjut ke berbagai bidang.

Penguasaan politik-jika bisa dikatakan demikian-memang amat pasti terjadi kalau keduanya terus bersama dan melekat ke dalam sebuah koalisi. Namun itu tidak mudah. Kita tahu bahwa kepentingan keduanya atas kekuasaan dan kedudukan bukan sebuah pertanyaan. Keduanya pernah mengecap indah dan enaknya berada dibarisan kekuasaan. Maka tiitk kritis yang penting untuk dipertanyakan pada kedua parpol besar ini adalah apakah tujuan akhir mereka bersama adalah memang untuk kepentingan masyarakat, atau sebaliknya, hanya untuk menggolkan kepentingan mereka.

Bayangkan apa yang akan terjadi jika kedua parpol ini saling mendukung dalam pilpres mendatang. Mereka pasti akan merebut suara mayoritas di parlemen, bahkan dalam pemilihan Presiden. Lalu di seluruh wilayah, kalau koalisi ini terus bertahan, mereka akan merebut habis seluruh jabatan Kepala Daerah dan Wakilnya. Maka semua kebijakan pemerintah memang akan mudah dilaksanakan karena tiadanya lagi oposisi efektif. Pertanyaannya, inikah yang kita kehendaki?

Semuanya memang terpulang pada mereka. Namun, kita tetap memandang positif semua perkembangan politik. Bagi kita inilah saatnya untuk belajar berdemokrasi. Kita hanya perlu mengingatkan bahwa rakyat menuntut mereka untuk memperhatikan rakyat dengan jujur dan benar. Jangan sampai koalisi itu juga berakhir pada bagi-bagi kekuasaan, seperti sekarang ini kita lihat dan rasakan sendiri. (***)

Sinar Indonesia Baru, 22 Juni 2007

1 Response to “Koalisi Kebangsaan”


  1. 1 johan November 9, 2007 pukul 3:29 pm

    oke dah terserah loe!!!!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 777,492 hits
Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: