Lagi-lagi WNI Ditahan di AS

Kita marah dan sakit hati ketika pembantu rumah tangga asal Indonesia Ceriyati harus meluncur dari apartemen tingkat lima belas hanya menggunakan tali dari kain agar bisa bebas dari deraan majikannya di Malaysia. Upaya pemerintah dalam hal ini KBRI Kuala Lumpur untuk mendapatkan perlindungan hukum bagi Ceriyati sangat kita dukung. Tidak sedramatis nasib Ceriyati, seorang pembantu rumah tangga asal Indonesia menderita pelecehan seksual dari seorang pengusaha Singapura awal tahun ini. Pengusaha tersebut kini sedang diadili.

Pekan lalu kita dikejutkan ketika mendapat kabar 76 WNI ditangkap di AS karena masalah keimigrasian. Mereka ditahan di empat penjara yang berbeda saat pemerintah AS melakukan operasi terhadap imigran gelap di negara bagian Pennsylvania. Belum jelas apa masalah keimigrasian yang dituduhkan kepada mereka, apakah itu over stay (melebihi waktu izin tinggal) atau menjadi illegal worker (tenaga kerja ilegal). Akan tetapi sejauh ini tidak ada laporan yang mengaitkan para WNI itu dengan aktivitas terorisme di AS.

Operasi besar-besaran di AS itu dilakukan terhadap imigran gelap oleh imigrasi AS (Immigration and Custom Enforcement/ICE) di sebuah pabrik kemasan plastik di East Stroudsburg, Pennsylvania. Dalam operasi itu, ditangkap ratusan pekerja di pabrik kemasan plastik di East Stroudsburg, Pennsylvania, sekitar 120 kilometer sebelah barat kota New York.

Peristiwa penangkapan WNI di AS bukanlah kejadian pertama. Sebanyak 23 WNI ditangkap di Virginia pada 22 November 2004, karena diduga sebagai kelompok pemalsu paspor, visa, dan kartu identitas lain. Pada 2006 terjadi dua peristiwa penangkapan WNI, yakni pada 9 April aparat imigrasi dan bea cukai AS menangkap dua WNI di Honolulu, Hawaii, berkaitan dengan pembelian suku cadang dan persenjataan ilegal, dan pada 28 September empat WNI ditangkap dan ditahan di Guam, karena diduga berkonspirasi dengan eksportir senjata dan kejahatan pencucian uang. Sedangkan pada April 2007 tiga WNI yang tinggal dan bekerja di negara bagian Pennsylvania ditangkap dan ditahan, karena menyalahi aturan izin tinggal.

Kita menyadari pesona Amerika sebagai tempat tinggal yang menjanjikan masa depan yang lebih baik tak bisa disangkal. Karena itu, selalu ada godaan untuk tinggal di sana, meskipun dengan menyalahgunakan visa kunjungan yang didapat baik dalam bentuk over stay maupun illegal worker. Kita berpendapat, daya tarik tinggal di AS hendaknya tetap harus dicapai lewat jalur hukum, bukan dengan cara melanggar hukum.

Sejak setahun lalu pemerintah AS telah mengumumkan bahwa akan melakukan pemeriksaan warga negara asing yang tinggal di AS. Berkaitan dengan itu, seluruh perwakilan RI di AS sudah menyosialisasikan masalah ini. Rupanya upaya itu tidak begitu ditanggapi dan akhirnya 76 WNI ditangkap berkaitan dengan masalah keimigrasian. Konsul Jenderal RI New York terus berupaya untuk membuka akses dengan pemerintah AS berkaitan dengan masalah keimigrasian tersebut agar WNI yang ditahan itu bisa mendapatkan bantuan hukum dan advokasi.

Pemerintah Indonesia tentu saja wajib memberikan perlindungan kepada WNI yang mendapat masalah di AS. Akan tetapi perlindungan tersebut tentu tidak dibaca sebagai upaya untuk memutihkan pelanggaran keimigrasian yang dilakukan, tetapi lebih pada memastikan tidak ada hak mereka yang dikurangi sebagai warga negara asing yang sedang terlibat masalah hukum di negara tersebut. Tentu saja kita menyayangkan terjadinya peristiwa di atas.

Suara Pembaruan, 25 06 2007

0 Responses to “Lagi-lagi WNI Ditahan di AS”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 777,499 hits
Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: