Misteri Dana PDAM

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang selama ini diberitakan terus merugi, rupanya memang perlu pembenahan serius. Terlebih lagi, setelah Badan Pengawas (BP) PDAM mengungkap adanya kerugian negara Rp 6,2 miliar di perusahaan milik Pemkot Makassar itu. Ironis memang, dana yang tidak sedikit itu justru disebut-sebut dinikmati sejumlah anggota dewan dan staf di perusahaan air minum ini. Termasuk, sejumlah organisasi yang dikabarkan ikut “berpartisipasi”.

Bahkan, ada dana yang digunakan menjamu tamu untuk berkaraoke ria. Jadinya, aliran dana PDAM bak misteri. Dinikmati, tapi pertanggungjawabannya sama sekali tidak jelas.

Jika kondisinya seperti itu, wajar saja memang jika PDAM selama ini terus-terusan buntung. Justru, aneh mungkin jika PDAM untung dalam kondisi masih menjadi “sapi perahan”. Karena, perusahaan apa pun dan di mana pun di dunia ini, dipastikan tidak akan pernah “sehat” jika hasil pendapatannya digunakan tanpa pertanggungjawaban yang jelas.

Untungnya, ancaman BP PDAM yang akan mengajukan nama-nama “penikmat” aliran dana PDAM ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai berbuah “manis”. Paling tidak, ada yang sadar bahwa dana yang bukan haknya itu, harus dikembalikan ke kas negara.

Tapi, yang terpenting di balik semua itu, pemerintah kota (Pemkot) Makassar sebagai pemilik PDAM, harus bersikap tegas dan transparan dalam mengungkap adanya kejanggalan di balik kasus yang melilit perusahaan pelat merah ini. Persoalannya kemudian, jika pemkot sendiri yang justru “bermain mata” dalam menyikapi kasus ini. Bisa jadi, misteri penyimpangan di PDAM tetap akan menjadi sebuah kisah yang tidak pernah berakhir (never ending story).

Akibatnya, bisa ditebak. Cerita PDAM masih akan tetap berkutat pada kerugian yang pada ujung-ujungnya memiriskan banyak orang. Tapi, di sisi lain, justru membuat sekelompok orang tertentu “tertawa ngakak”. (****)

Harian Fajar, 27 Jun 2007

0 Responses to “Misteri Dana PDAM”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 777,492 hits
Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: