Ancaman Larangan Terbang ke Arab Saudi

Indonesia kembali mendapat ‘tamparan’ dari dunia penerbangan inernasional. Setelah Uni Eropa (UE) melarang maskapai penerbangan Indonesia terbang di udara Eropa, kemarin, Arab Saudi akan mengeluarkan larangan serupa. Pemerintah, dalam hal ini Departemen Perhubungan, sudah menerima surat resmi dari otoritas penerbangan Kerajaan Arab Saudi.

Larangan terbang ke Arab Saudi memang tidak disebutkan secara eksplisit. Namun, dalam surat itu disebutkan otoritas penerbangan Arab Saudi akan mengikuti jejak UE, yang melarang sejumlah maskapai Indonesia masuk Eropa. Memang, Arab Saudi memberi kesempatan bagi pemerintah Indonesia untuk menyampaikan penjelasan. Namun, Arab Saudi mungkin tidak sepantasnya memberlakukan larangan terhadap Indonesia. Bukan hanya karena hubungan kedua negara sangat kuat, tapi juga penerbangan maskapai Indonesia ke Arab Saudi, selama ini bisa dikata tak pernah bermasalah.

Bertahun-tahun maskapai Indonesia melayani penerbangan ke Arab Saudi, baik penerbangan reguler maupun penerbangan jamaah haji, nyaris tak terdengar kabar terkait faktor keamanan. Artinya, setiap pesawat yang melayani rute penerbangan ke Arab Saudi sudah memenuhi standar keamanan internasional. Ini mestinya menjadi catatan tersendiri bagi otoritas penerbangan Arab Saudi, dan tak perlu mengikuti jejak UE.

Kita tentu berharap seperti itu. Tapi, apapun, pemerintah sudah selayaknya pula segera merespons kemungkinan larangan terbang tersebut, tentu dengan sikap positif. Pasalnya, jika larangan itu benar diberlakukan, maka bukan hanya pariwisata Indonesia yang dirugikan. Lebih dari itu, ratusan ribu jamaah haji bakal ikut menanggung akibatnya. Juga masyarakat yang ingin melakukan ibadah umroh atau terkait ketenagakerjaan.

Ruang yang diberikan untuk menjelaskan kondisi maskapai penerbangan Indonesia perlu dimanfaatkan secepatnya dan sebaik-baiknya.Bila perlu diperkuat dengan pendekatan secara diplomatis. Ini tentu sama sekali tak terkait dengan politik atau upaya-upaya mendongkrak popularitas pemerintahan. Kepentingan umat harus penjadi prioritas.

Respons dan penjelasan terhadap ancaman larangan Arab Saudi itu sudah selayaknya pula tak hanya dilakukan di atas kertas. Ancaman itu mestinya menyadarkan kita bahwa pembenahan dan perbaikan yang nyata sudah tak bisa ditawar-tawar lagi. Kita tak bisa lagi mengelak dari tuntutan berbagai standar internasional. Keberhasilan meningkatkan standar keselamatan penerbangan maskapai kita itulah yang menjadi modal penting untuk mendapat pengakuan internasional.

Buat seketat mungkin aturan terkait layak tidaknya sebuah maskapai dengan armadanya beroperasi. Terapkan aturan itu secara konsisten dan konsekuen, tanpa pandang bulu. Jangan biarkan pungli, suap, sogok atau apapun sejenisnya, kembali merusak. Hanya pembenahan serta perbaikan nyata itulah yang membuat kita tak merasa pesimistis.

Republika, Selasa, 17 Juli 2007

2 Responses to “Ancaman Larangan Terbang ke Arab Saudi”


  1. 1 andre gunawan Agustus 26, 2007 pukul 10:11 pm

    Saya rasa bukan Arab Saudi yang memiliki rencana penolakan penerbangan Indonesia , kemungkina ada pihak ketiga( barat )yang merancangnya……..sebab sudah diketahui secara jelas baik itu dari ramalan Nostradamus ataupun Rasululah sendiri bahwa akan terjadi dunia baru yang diprakarsai orang2 islam Timur..yang wilayahnya terletak di antara 3 laut, yang penghuninya memiliki warna kulit Coklat ayo coba anda tebak negara mana yang maksudkan ini..? Benar sekali, 100% buat anda..!!!!! Memang NKRI lah yang dimaksudkan ramalan tersebut sebab Indonesia adalah negara kepulauan sehingga sangat mungkin untuk dikelilingi beberapa laut…dan mengenai warna kulit bukankah hanya bangsa Melayu saja yang diciptakan Tuhan yang berwarna coklat..bukan hitam , kuning, ataupun putih.

    saya sangat mengahrapkan agar pihak kerajaan Saudi Arabia memikirkan terlebih dahulu langkah yang mereka ambil..karena banyak pihak yang akan mengambil keuntungan dari semua ini…dan saya menghimbau kepada seluruh jajaran penerbangan INDONESIA untuk segera melakukan peng-upgrade-an atas semua unit penerbangan mereka guna mengembalikan kepercayaan Negara Lain…Majulah Indonesiaku….Dunia menunggu kehadiranmu ..!!!!!!

  2. 2 bocah September 2, 2007 pukul 8:50 pm

    wah kasian deh kalo ga bisa terbang kesana !! gimana kalo ada yang mau haji ?? kocok bener tu arab saudi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 777,499 hits
Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: