Natal Bersama Yang Spektakuler

Di Sumatera Utara berbagai kejadian yang menarik dan penting selalu saja bermula. Termasuk yang barusan saja dilakukan, yaitu Natal Bersama Umat Kristen tahun 2007 yang pada hari Jumat (28/12) diadakan dengan penuh kemeriahan di Stadion Teladan, Medan. Ratusan ribu jemaat umat Kristen hadir dan memadati tempat pelaksanaan ibadah.

Perayaan Natal ini memang sangat spektakuler. Dilihat dari dukungan masing-masing daerah, hampir semua Kepala Daerah di Sumatera Utara memberikan dukungan kepada Panitia bersama yang dibentuk untuk tujuan itu.

Sebagai sebuah acara bersama, perayaan Natal Umat Kristen tersebut tak pelak lagi telah membuat umat Kristen lebih menikmati apa artinya kebersamaan dalam keragaman. Merayakan Natal bersama umat yang selama ini tidak pernah bersama-sama beribadah, menjadikan seluruh umat Kristen lebih memahami mengenai persaudaraan dalam nama Tuhan.

Memang, Sumatera Utara dikenal dengan keberagamannya. Ada banyak keberagaman di daerah ini. Berbagai perbedaan dapat disebutkan, bahkan di antara sesama umat Kristen sendiri. Bukan hanya suku, tetapi juga dari denominasi yang juga beragam. Bahkan jika kita elaborasi lagi, di antara kita ada bermacam suku dengan bahasanya masing-masing.
Maka keberadaan Natal Umat Kristen tersebut menunjukkan kepada seluruh umat, seluruh masyarakat bahkan seluruh masyarakat Sumatera Utara, bahwa umat Kristen, bersama-sama mengerjakan pekerjaan atas nama Tuhan. Benar bahwa umat Kristen memang berasal dari beragam denominasi. Tetapi ketika bekerja untuk merayakan ibadahnya, umat Kristen bisa bersama-sama mengerjakannya.

Dalam konteks inilah kita mengingat kembali ”amanah” rohani dari seorang intelektual Kristen, alm TB Simatupang, yang menjadikan panggilan sebagai orang Kristen sebagai panggilan penting untuk membangun bangsa. Karena itu, dengan Natal Umat Kristen tersebut, umat Kristen dipanggil untuk menjadi teladan. Dalam konteks Sumatera Utara, saling bahu membahu dan menjalin kerjasama, adalah panggilan khusus buat umat Kristen seluruhnya. Semua orang yang melihat cara bersama dan cara beribadah orang Kristen, akan melihat bahwa ternyata terdapat perbedaan. Umat Kristen, dengan cara bekerja dan menjalin hubungan, di mana semua bisa saling bergandengan tangan itulah, maka panggilan dari alm TB Simatupang tadi dapat diwujudkan.

Umat Kristen bukan secara kebetulan ditempatkan oleh Tuhan di tanah ini. Ada rencana yang dibuat dan direncanakan oleh Tuhan untuk dilaksanakan. Rencana itulah yang harus terus menerus diwujudkan secara bersama-sama. Sumatera Utara adalah tempat di mana Tuhan sudah percayakan untuk membangunnya, memeliharanya dan menjadikannya makmur. Umat Kristen harus menjadi berkat di tanah dan negeri di mana Tuhan telah menempatkan mereka.

Memang ada banyak denominasi dan latar belakang, entah itu marga, suku atau entitas apapun itu. Satu yang harus dimiliki, yaitu bahwa bukan ciri khas umat Kristen terpecah-pecah. Bukan tanda bahwa umat Kristen, kalau hanya mengenai hal-hal kecil lalu kita menjadi kehilangan identitas dirinya sendiri. Kita mengharapkan setelah dilangsungkannya Natal Umat Kristen tahun 2007 ini, umat Kristen dapat memperlihatkan kepada umat dan kepada dunia bahwa menjadi Kristen berarti meneladani cara hidup Tuhan yang telah mengasihi dunia ini. Umat Kristen harus meninggalkan semua perbedaan, dan kemudian melayani dunia di mana umat Kristen berada sebagaimana Tuhan sudah tunjukkan caranya yaitu dengan pengorbanan dan dengan kasih. Dengan itu, maka Natal, sebagai makna kebersamaan di Sumatera Utara ini akan menjadi berkat tiada tara. (***)

1 Response to “Natal Bersama Yang Spektakuler”


  1. 1 landy Mei 18, 2008 pukul 1:43 am

    aneh saja, ada hari raya yg tdk jelas asal usulnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 777,492 hits
Desember 2007
S S R K J S M
« Sep   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: