Menindak Tegas Pengelola Gedung Parkir

Mengherankan bahwa kesalahan fatal yang sama bisa terulang berkali-kali. Terjunnya sebuah sedan Honda Accord dari ruang parkir lantai 8 Menara Jamsostek kemarin menunjukkan kita bukan hanya teledor, tapi begitu malas berpikir, apalagi bertindak serius, untuk mengatasi tragedi serupa.

Jelas, meluncurnya Accord itu bukan tragedi pertama. Mei tahun lalu, sebuah sedan Honda Jazz terjun bebas dari tempat parkir lantai 6 gedung ITC Permata Hijau. Tiga orang tewas seketika. Hanya enam bulan kemudian, sebuah sedan Honda CRV menerabas tembok penahan di area parkir Centra Grosir Cikarang. Beruntung, mobil tersangkut, meski sudah dalam posisi tergantung. Sebulan berselang, terjadi kembali di ITC Permata Hijau, sebuah Honda Accord menabrak tembok penahan di area parkir lantai 5. Lagi-lagi untung, mobil masih sempat berhenti, meski tembok sudah jebol.

Tapi keberuntungan tak mampir pada kejadian terakhir kemarin. Sedan, yang kebetulan juga Honda Accord, itu meluncur bebas dari lantai 8 gedung Menara Jamsostek. Mobil nahas itu melayang dengan moncong menghadap ke bawah, menghantam kanopi, menindih bagian depan sebuah sedan lain, dan pengemudi Accord tewas seketika.

Sulit memahami bagaimana bisa empat kecelakaan serupa terjadi berturut-turut hanya dalam rentang delapan bulan. Saat kecelakaan pertama terjadi, pihak Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan DKI Jakarta berjanji akan mengevaluasi seluruh gedung parkir bertingkat di Jakarta. Mereka kemudian memerintahkan pengelola gedung memperkuat tembok penahan di semua gedung parkir bertingkat. Hasilnya? Tidak terlihat upaya pengelola gedung melakukan perbaikan, sampai kecelakaan serupa kembali terjadi.

Kita tidak ingin tragedi berulang lagi. Sudah waktunya pemerintah Jakarta bertindak lebih tegas. Mengimbau pemilik gedung agar memperbaiki area parkirnya saja tidak cukup. Semestinya, gedung parkir yang dinilai tidak layak segera ditutup. Pengelola gedung parkir yang telah terbukti sembrono juga perlu diseret ke pengadilan atas tuduhan kelalaian yang menyebabkan hilangnya nyawa.

Ada kesan pihak pemerintah Jakarta ragu-ragu bertindak tegas. Ini seharusnya tak perlu terjadi. Dasar hukum untuk bertindak sangat jelas. Ada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, yang mensyaratkan terpenuhinya aspek keamanan sebelum sebuah gedung boleh dioperasikan. Lalu masih ada Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 1991 yang mengatur pernak-pernik kelayakan bangunan.

Saat ini saja, total bangunan gedung dan perkantoran di Jakarta sudah mencapai 35 ribu dan masih terus bertambah. Sebagian besar, termasuk fasilitas parkirnya, tidak nyaman atau berbahaya. Ini berarti, bahaya maut mengintai setiap saat di gedung-gedung yang dari luar kelihatan begitu megah dan kukuh. Tanpa tindakan tegas, tragedi serupa akan terus berulang.

Koran Tempo, Rabu, 23 Januari 2008

1 Response to “Menindak Tegas Pengelola Gedung Parkir”


  1. 1 halim Januari 28, 2008 pukul 9:24 am

    Kalo ingin ditindak ya tindaklah semua yg terkait,tidak hanya pengelola gedungnya, tapi juga pemberi ijin bangunan,pelaksana pembangunannya. Karena jelas mereka semua telah berlaku gegabah. Gegabah dalam pemberian ijin, gegabah dalam melaksanakan pekerjaan pembuatan gedung parkir dan gegabah dalam mengelola gedung parkir tersebut.
    Semua mereka berpola pikir bagaimana mendapatkan uang dengan jumlah besar dalam waktu se-singkat2nya.
    Nah kepada para penyidik dan penuntutnya serta pemutus perkara kita harapkan agar bertindak sesuai hukum yg berlaku tanpa terkontaminasi dengan uang. Karena kalo udah uang ikut bicara maka akan rancu semua hasilnya.
    Hukuman bukan lagi sebagai pemicu orang unt taat hukum, tapi malah dimanfaatkan unt mendapatkan tambahan penghasilan bagi yg terlibat didalamnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 777,492 hits
Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: