Pansus Orang Hilang Untuk Siapa

Ide untuk menggelar kembali masalah penculikan aktivis di tahun 1998 semakin mendapat tempat apalagi dengan diakomodasinya hal itu oleh unsur pimpinan DPR. Pansus itu sendiri dijadwalkan akan bekerja dalam beberapa pekan ini untuk melakukan penelusuran atas masih adanya beberapa aktivis mahasiswa yang belum diketahui rimbanya sampai sekarang.
Memang penculikan aktivis pernah marak menjelang kejatuhan rezim Soeharto. Tetapi kasus hukumnya bukan tidak dilakukan. Prabowo, mantan Danjen Kopassus bahkan sudah diberikan pensiun dini karena kasus itu. Dia dianggap bertanggung-jawab terhadap keberadaan Tim Mawar, yang dituding bekerja untuk menculik para aktivis yang kala itu dengan kerasnya menentang rezim Orde Baru.
Tetapi persoalan kelihatannya belum berhenti karena menurut Kontras, masih ada mahasiswa yang belum ditemukan. Termasuk juga di dalamnya masalah kekerasan yang melanda mahasiswa pada tragedi Trisakti dan beberapa kasus lainnya. Hanya saja, Kontras justru mempertanyakan kepentingan membangkitkan lagi Pansus itu sekarang.
Menjelang pemilu 2004 yang lalu ada semacam selebaran yang muncul di tengah masyarakat yang seolah menciptakan ketakutan pada bahaya kekerasan yang dibawa oleh militer. Persis saat itu, pembunuhan aktivis Munir juga terjadi. Beberapa isu yang beredar menyatakan bahwa militerisme bisa menjadi bahaya baru bagi negara ini. Tetapi toh, Presiden Yudhoyono dengan latar belakang militer tetap juga terpilih.
Sekarang ini, dengan keberadaan pansus, tentunya bisa ditebak siapa yang diuntungkan. Yang pasti, kalau melihat konteks Pilpres, yang diuntungkan adalah capres dari kalangan sipil. Tentu capres dari kalangan militer pasti akan mungkin tersangkut, meski itu hanya rumor. Di dalamnya disebut nama-nama petinggi militer, semisal Wiranto, Prabowo, bahkan SBY.
Barangkali sepintas memang semuanya berjalan apa adanya. Tetapi menggunakan isu yang sebenarnya sangat sarat dengan kemanusiaan untuk dan demi kepentingan politik, jelas sangat riskan. Mereka yang ingin membawa kasus ini kembali ke permukaan jelas hanya menginginkan popularitas tertentu.
Mengapa kita katakan demikian? Karena sudah sejak lama sebenarnya DPR kita minta memberikan perhatian pada masalah ini. Bukan sekali dua kali kalangan aktivis memberikan dukungan kepada DPR supaya kasus ini bisa diinvestigasi. Tetapi yang namanya lembaga politik, kelihatannya isu orang hilang hanya menarik kalau berhubungan dengan tujuan politik tertentu, yang pada waktunya digunakan sebagai alat politik juga nantinya.
Beberapa kali isu Ham justru mentok di DPR. Yang namanya pelanggaran HAM bisa mentah kembali di DPR meski banyak pihak menyatakan bahwa jelas-jelas ada sesuatu yang salah di sana. Tetapi komitmen yang rendah hanya menjadikan DPR sebagai lembaga yang acuh terhadap persoalan kemanusiaan selama ini.
Kita mencermati hal ini dengan baik dan mengingatkan bahwa masalah kemanusiaan yang terjadi pada mereka yang hilang jangan sampai membawa keluarga dan rekan-rekannya pada kehilangan yang lebih dalam kalau Pansus ini hanya digunakan untuk mempermainkan mereka. Mereka sudah cukup terluka dengan masalah ini, dan jangan sampai terluka lagi karena kalau kelak kasus ini terbukti hanya isapan jempol politik.
Kita berharap bahwa elemen semisal Kontras bisa memberikan kontra wacana yang juga berimbang. Pansus bisa bekerja, tentu dengan fakta yang sepenuhnya benar dan dengan keinginan untuk menguak kebenaran. Bukan demi tujuan sempit pemenangan pemilu 2009 semata. (***)

Sinar Indonesia Baru, Oktober 23rd, 2008

0 Responses to “Pansus Orang Hilang Untuk Siapa”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Blog Stats

  • 777,499 hits
Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Ranks….

AeroCloud Topsites List

KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia

Blogarama - The Blog Directory

RSS TEMPO Interaktif

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS KOMPAS

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS VOA Politik

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: